-->

Sumber Energi Terbarukan China Capai 50%


BEIJING, LELEMUKU.COM -  China membuat terobosan dengan menekan sumber energi bahan bakar fosil sekarang kurang dari 50% dari total kapasitas pembangkit listrik terpasang, kata kantor berita pemerintah Xinhua mengutip seorang pejabat di perencanaan negara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, Senin, 12 Juni 2023.

Sumber tenaga bahan bakar non-fosil, seperti tenaga angin dan surya, menyumbang 50,9% dari total kapasitas terpasang negara, menandai penyelesaian awal target pemerintah yang diusulkan pada tahun 2021, di mana kapasitas energi terbarukan direncanakan melebihi kapasitas bahan bakar fosil pada 2025 .

Pada akhir 2022, kapasitas pembangkit listrik terpasang China adalah 2.564,05 GW, menurut data dari Biro Statistik Nasional (NBS).

China telah mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk pembangunan kapasitas energi terbarukan dalam beberapa tahun terakhir, membangun pembangkit listrik tenaga angin, matahari, dan air yang besar di bagian barat negara itu karena berupaya memenuhi target emisi karbon puncak sebelum tahun 2030.

Namun, pemanfaatan sumber daya yang tidak konsisten berarti bahwa bauran konsumsi energi China tetap tergantung pada bahan bakar fosil, terutama batu bara.

Batu bara menyumbang 56,2% dari total konsumsi energi tahun lalu, dibandingkan 25,9% dari energi terbarukan yang mencakup energi nuklir, data NBS menunjukkan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel