-->

Pemkot Jayapura Sediakan Subsidi Dana Otsus Bantu Biaya Pendidikan

Pemkot Jayapura Sediakan Subsidi Dana Otsus Bantu Biaya Pendidikan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Penjabat Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Dr. Frans Pekey M.Si, telah meminta kepada semua sekolah agar tidak membebankan biaya yang berlebihan kepada orangtua. Dalam pernyataannya pada Senin, 12 Juni 2023, ia menekankan bahwa jika sekolah membutuhkan dana untuk fasilitas atau perlengkapan, maka dapat mengajukan permohonan kepada pemerintah kota melalui dinas terkait, tanpa harus membebani orangtua siswa.

Frans Pekey juga berharap agar sekolah dan komite pendidikan dapat mengajukan kegiatan atau pengadaan perlengkapan melalui dinas yang akan memberikan bantuan atau memasukkannya dalam program yang ada. Ia menyoroti pentingnya tidak memberikan beban yang berlebihan kepada orangtua, karena kondisi ekonomi mereka yang berbeda-beda. 

Beberapa orangtua mungkin mampu memenuhi semua biaya, tetapi ada juga yang sangat kesulitan, terutama di tengah kondisi perekonomian yang sulit akibat pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi global saat ini.

Pekey mengatakan biaya sekolah yang tinggi dapat menjadi penyebab inflasi dan berdampak besar. Jika semua biaya meningkat, ini akan berkontribusi pada inflasi Kota Jayapura yang sedang mengalami penurunan. Oleh karena itu, sekolah diharapkan melakukan pungutan biaya yang resmi dan rasional, dengan mempertimbangkan kemampuan finansial yang berbeda dari orangtua siswa.

Untuk meringankan beban orangtua, Pemerintah Kota Jayapura memberikan subsidi melalui Dana Otonomi Khusus (Otsus). Subsidi ini akan diberikan kepada semua sekolah dalam bentuk bantuan dari Posda. Langkah ini diharapkan dapat meringankan beban orangtua dalam membayar biaya pendidikan.

“Jadi ada program pemerintah akan kita bantu, tapi tidak dibebankan ke orangtua,” kata dia.

Dengan kebijakan ini, Pekey berharap dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih terjangkau dan adil, serta mengurangi dampak inflasi. Kebijakan ini juga menunjukkan perhatian pemerintah terhadap kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh orangtua siswa di tengah kondisi yang sulit akibat pandemi dan krisis ekonomi. 

“Karena ini akan meringankan bebankan orangtua melalui subsidi untuk semua sekolah,”  sebut Pekey. (HumasKotaJayapura)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel