-->

Pemkab Mimika Adakan Pemetaan Kompetensi ASN dan Sosialisasi Aplikasi I'DIS

Pemkab Mimika Adakan Pemetaan Kompetensi ASN dan Sosialisasi Aplikasi I'DIS

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengadakan kegiatan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Sosialisasi Manajemen Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Aplikasi I'DIS (Integrated Discipline) Tahun 2023, Kamis (15/06/2023) di Timika.

Asisten Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda), Hendritte W. Tandiyono, S.E., M.M., hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut, yang dalam sambutannya mewakili Plt Bupati Mimika menyampaikan, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja ASN, yakni dengan mengembangkan kompetensi ASN.

"Pemerintah Kabupaten Mimika berupaya mengembangkan kompetensi para pejabat, agar pejabat di Mimika memenuhi standart kompetensi yang profesional, dalam menduduki suatu jabatan," ungkap Hendritte.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pejabat dan peserta, tentang prinsip tata kelola pemerintah yang baik, dalam mendukung terwujudnya birokrasi yang profesional, serta menghasilkan pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan.

Hendritte mengatakan, para pejabat struktural diwajibkan memiliki kompetensi manajerial dalam penyelenggaraan pemerintahan, guna menjawab tuntunan publik terhadap tersedianya pelayanan publik yang prima, efisien dan terjangkau.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Kita jangan hanya duduk mendengar saja, tapi harus memahami secara mendalam isu-isu strategis, dan apa yang bisa dilakukan untuk menjadi ASN yang profesional," harapnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS dan penerapan aplikasi I'DIS di lingkungan Pemkab Mimika. Dijelaskan bahwa pemerintah mengamanatkan untuk penggunaan aplikasi I'DIS dalam manajemen disiplin PNS. 

"Kalau kita sudah menggunakan aplikasi ini, kinerja kita langsung terpantau dari pusat. Sehingga kita dituntut untuk bekerja dengan baik dan profesional," tegas Hendritte.

Ia mengapresiasi Kepala BKPSDM karena telah mengadakan kegiatan ini, karena merupakan hal penting dan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh ASN di Kabupaten Mimika.

Narasumber pada kegiatan tersebut yakni Rury Citra Diani, S.E., M.A., Direktur Pengawasan dan Pengendalian III Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian pada  Badan Kepegawaian Negara, mempresentasikan mengenai Disiplin PNS dan Netralitas ASN menjelang Pemilu tahun 2024. 

Kegiatan dihadiri oleh pimpinan OPD, sekretaris dan Kasubag Kepegawaian di setiap OPD. 

Sementara, Kepala BKPSDM Kabupaten Mimika, Drs. Ananias Faot, M.Si., yang hadir pada kegiatan itu menyebutkan, terkait dengan sistem kepegawaian yang dijalani sekarang, ASN dituntut untuk lebih kompeten.

"Apa yang kita lakukan hari ini untuk mempersiapkan bapak-ibu ASN yang berpotensi untuk menduduki jabatan ke depannya. Ketika potensi dan kompetensi ASN sudah terlihat, maka akan masuk dalam kelompok rencana suksesi, yang kemudian akan menjadi bahan pertimbangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk masuk ke jabatan berikut," jelasnya.

Kegiatan hari ini akan dilanjutkan dengan uji pemetaan kompetensi ASN yang diikuti oleh 203 orang PNS pada empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu BKPSDM, Bappeda, BPKAD dan Inspektorat, dengan menggunakan Computer Assisted Competency Test (CACT). 

"Saya harap yang sudah ada namanya untuk ikut ujian hari ini, santai saja, jangan tegang. Apa yang ditanyakan, dijawab saja sesuai dengan yang bapak ibu rasakan. Menguji kemampuan diri itu penting,"  pesan Ananias. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel