-->

Pelantikan Badan Pengurus Keluarga Biak Sup Fyor di Yahukimo

Pelantikan Badan Pengurus Keluarga Biak Sup Fyor di  Yahukimo

DEKAI, LELEMUKU.COM -  Pelantikan Badan Pengurus Terpilih Keluarga Byak Sup Foyr di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan oleh Kepala Dewan Adat Biak Sup Fyor, Yan Yarangga di Dekai pada Rabu, 21 Juni 2023.

Di bawah sorotan Tema ‘Munara Sabsiber Nasan Mananwir Mansasor Kawasa Byak Sub Babe Yahukimo Naurkin 2023-2026’. Turut hadir Wakil Bupati Yahukimo, Ketua DPRD Yahukimo, Wakapolres Yahukimo, Dandim 1715 Yahukimo, Ketua PKK Ketua PGGY, Para kepala Suku dan Tamu undangan Lainya.

Ketua Terpili Priode 2023- 2026, Herbet Dimara mengatakan sejarah singkat tulisan telapak kaki Orang Biak di daerah Lapago atau Pegunungan Papua, almarhum Kaviar sejak  Tanggal 14 September 1957 berada di Pedalaman Lembah Baliem Jayawijaya, dan ada beberapa orang tua yang masuk dengan profesi yang berbeda-beda. Namun tujuan mereka hanya satu, yaitu membangun. 

“Sampai hari ini kami anak-anak Byak Lahir Besar Wamena yang biasa disebut H- Labewa sangat jarang menggunakan bahasa daerah Biak. Tetapi kami lebih paham bahasa daerah di mana kami lahir dan besar,” ungkap dia. 

Pelantikan Badan Pengurus Keluarga Biak Sup Fyor di  Yahukimo

Dimara mengatakan dalam keluarga suku Biak yang berdomisili di Papua pegunungan juga sudah banyak kawin silang, khusus di Yahukimo Ikatan keluarga Biak sebanyak 223 Kepala Keluarga dan  700 jiwa.

“Ikatan keluarga byak di Kabupaten Yahukimo  suda terbentuk sejak tahun 2020 dan ini yang pergantian pengurus ke tiga kalinya. dan secara langsung ketua terpilih menyampaikan kepada pemerintah untuk memberikan tempat untuk membangun Rumah ikatan Keluarga Biak,” sebutnya. 

Wakil Bupati Esau Miram menyampaikan apresiasi kepada pengurus lama dan orang tua terdahulu yang telah bawa injil dan menjadi guru melalui mereka kami anak Yali bisa baca tulis dan bekerja, Miram juga menambahkan dari tahun ke tahun tidak ada masalah yang orang Biak lakukan di Yahukimo.

Ia pun berjanji akan mengusahakan bersama Bupati Yahukimo untuk membantu tempat atau sekretariat ikatan Biak di Yahukimo dan memberikan sumbangan awal berupa dana bagi pengurus.

“orang Biak yang malas tahu dengan ikatan atau kepala suku ada masalah jangan urus biarkan dia urus sendiri karena di Papua pegunungan ini setiap suku sudah punya ikatan. jadi kalau ada masalah ketua ikatan atau kepala suku yang urus aparat keamanan itu hanya pendampingan saja bukan yang urus masalah,” pesan dia.  (Olemah)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel