-->

Kapal Penjaga Pantai AS Transit di Selat Taiwan



WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Sebuah kapal Penjaga Pantai AS berlayar melalui Selat Taiwan pada Selasa (20/6). Pelayaran itu digambarkan oleh China sebagai “unjuk sensasi publik,” setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyelesaikan kunjungan yang diamati secara luas di Beijing sehari sebelumnya.

Kapal kelas keamanan nasional Stratton melakukan transit “rutin” di Selat Taiwan pada Selasa “melalui perairan di mana kebebasan navigasi dan penerbangan di laut lepas berlaku sesuai dengan hukum internasional,” kata Armada ke-7 Angkatan Laut AS pada Kamis (22/6).

Selat yang sensitif secara politik, yang memisahkan China dari pulau Taiwan yang diperintah secara demokratis itu sering menjadi sumber ketegangan sementara Beijing meningkatkan tekanan politik dan militernya untuk mencoba memaksa Taipei menerima kedaulatan China.

Transit USCGC Stratton melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional,” tambah Armada ke-7 dalam pernyataannya.

Misi tersebut terjadi sehari setelah Blinken mengakhiri kunjungan ke Beijing, di mana kedua negara sepakat untuk menstabilkan persaingan sengit sehingga tidak mengarah ke konflik, tetapi gagal menghasilkan terobosan besar.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kapal itu berlayar ke arah utara, dan pasukannya memantau situasi yang digambarkannya sebagai “normal.”

Penjaga pantai China menggambarkan transit kapal itu sebagai “unjuk sensasi publik.” (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel