-->

India Tuntaskan Operasi Penyelamatan Kecelakaan Kereta Api di Odisha


NEW DELHI, LELEMUKU.COM - Pihak berwenang India mengatakan mereka telah menyelesaikan operasi penyelamatan pada Minggu, 4 Juni 2023, setelah kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu dalam lebih dari dua dekade, dengan kegagalan sinyal muncul sebagai kemungkinan penyebab kematian setidaknya 275 orang.

Jumlah korban tewas dari kecelakaan Jumat malam dikoreksi dari 288 setelah ditemukan bahwa beberapa mayat telah dihitung dua kali, kata Pradeep Jena, kepala sekretaris negara bagian timur Odisha.

Penghitungan tidak mungkin naik, katanya kepada wartawan. "Sekarang operasi penyelamatan selesai."

Tetapi hampir 1.200 orang terluka ketika sebuah kereta penumpang menabrak kereta barang yang tidak bergerak, keluar jalur dan menabrak kereta penumpang lain yang melintas dari arah berlawanan di dekat distrik Balasore.

Kereta Api India yang dikelola negara, yang mengatakan mengangkut lebih dari 13 juta orang setiap hari, telah berusaha meningkatkan catatan keselamatannya yang tambal sulam, karena infrastruktur yang menua.

Perdana Menteri Narendra Modi, yang menghadapi pemilihan umum tahun depan, mengunjungi tempat kejadian pada Sabtu untuk berbicara dengan petugas penyelamat, memeriksa reruntuhan dan menemui beberapa korban luka. "Mereka yang dinyatakan bersalah akan dihukum berat," kata Modi.

Investigasi awal menunjukkan Coromandel Express, menuju Chennai dari Kolkata, keluar dari jalur utama dan memasuki jalur melingkar – jalur samping yang digunakan untuk memarkir kereta – dengan kecepatan 128 kpj, menabrak kereta barang yang diparkir di jalur melingkar, kata anggota Dewan Kereta Api Jaya Varma Sinha.

Tabrakan itu menyebabkan mesin dan empat atau lima gerbong pertama dari Coromandel Express melompati rel, terguling dan menabrak dua gerbong terakhir dari kereta Yeshwantpur-Howrah yang mengarah ke arah berlawanan dengan kecepatan 126 kpj di jalur utama kedua, katanya kepada wartawan.

Akibatnya, kedua kereta itu keluar dari jalur dan kecelakaan hebat terjadi,” kata Sinha.

Para masinis kedua kereta penumpang terluka tetapi selamat, katanya.

Pekerja dengan alat berat sedang membersihkan jalur yang rusak, kereta api yang rusak, dan kabel listrik, sementara kerabat yang putus asa menyaksikan.

Lebih dari 1.000 orang terlibat dalam penyelamatan, kata Kementerian Kereta Api di Twitter.

"Targetnya Rabu pagi seluruh pekerjaan restorasi selesai dan rel sudah bisa berfungsi," kata Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw.

Di pusat bisnis tempat jenazah diambil untuk identifikasi, puluhan kerabat menunggu, banyak yang menangis dan memegangi kartu identitas dan foto orang-orang terkasih yang hilang.

Kanchan Choudhury, 49, sedang mencari suaminya di pusat tersebut. Lima orang dari desanya berada di kereta, empat di antaranya dirawat di rumah sakit karena luka-luka. Suaminya ditemukan tewas, katanya menangis sambil menunggu untuk menuntut ganti rugi, sambil membawa kartu identitas dirinya dan suaminya.

Keluarga yang meninggal akan mendapatkan kompensasi 1 juta rupee (sekitar Rp 181 juta), sedangkan yang terluka parah akan mendapatkan 200.000 rupee (Rp 36 juta), dengan 50.000 (sekitar Rp 9 juta), kata Vaishnaw pada Sabtu.

Paus Franciskus, Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyatakan belasungkawa. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel