-->

Erick Thohir Resmi Umumkan Dadtar Wasit yang Lolos untuk Liga 1 2023-2024


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir resmi mengumumkan daftar wasit yang lolos seleksi untuk kompetisi Liga 1 2023-2024 pada Kamis, 22 Juni 2023. Total ada 18 nama, termasuk wasit senior Thoriq Alkatiri, yang akan memimpin pertandingan musim depan.

Pelatihan dan seleksi wasit Liga 1, 2, dan 3 sudah selesai. Kegiatan tersebut dilakukan pada 15-20 Juni 2023 dan diikuti 161 wasit, 2 asisten wasit FIFA, dan 1 wasit AFC Elite Referee.

PSSI telah bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk meningkatkan kualitas wasit lokal. Dua perwakilan instruktur wasit Jepang pun datang langsung untuk memimpin pelatihannya, mereka adalah Chairman of JFA Referees Committee Ogawa Yoshimi dan JFA Referee Instructre Toshiyuki Naga.

"Saya sudah tanda tangan daftarnya, di sini wasit Liga 1 yang ikut (pelatihan) ada 55 orang, lolos seleksi 28 orang," ucap Erick dalam sesi konferensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023. "Peringkat 1 sampai 18 bertugas di Liga 1, peringkat 19-28 mengisi kuota di Liga 2."

"Wasit Liga 2 yang ikut (pelatihan) ada 107 orang dan lolos seleksi 54 orang. Peringkat 1-14 mengisi kuota Liga 2, dan sisanya 55-107 akan memimpin di Liga 3 dan Elite Pro Academy," kata dia menerangkan.

Erick ingin wasit Indonesia bisa mencapai standar Asia terlebih dulu sebelum berkiprah di tingkat internasional. Menurut dia, butuh waktu panjang untuk meningkatkan level wasit dan timnas Indonesia.

Laki-laki yang menjabat juga sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan wasit yang lolos seleksi Liga 1 akan kembali mengikuti pelatihan Video Assistant Referee (VAR). Kegiatan tersebut rencananya dimulai pada 20 Juli 2023.

"Seperti yang kami impikan, dengan pembagian kuota seperti ini mereka (wasit Liga 1) akan 17 kali meniup peluit (memimpin pertandingan liga), padahal target saya 15, ini seharusnya cukup," ujar dia. "Kalau mereka alasan tidak cukup dan terima sampingan, sudah wajar boleh saya hukum."

"Di Liga 2, wasit akan 14 kali meniup peluit, ya mendekati-lah. Ini saya rasa bagian kami untuk mempercayai wasit-wasit agar dapat mandiri, kami juga akan ada insentif untuk mereka," tutur Erick.

PSSI dalam keterangan resminya telah merilis daftar 18 wasit yang akan bertugas di Liga 1 2023-2024. Berikut daftar lengkapnya.

    Thoriq M Alkatiri - Bandung
    Yudi Nurcahya - Bandung
    Choirudin - Bantul
    Naufal Adya Fairuski - Bandung
    Zetman Pangaribuan - Jakarta Pusat
    Armyn Dwi Suryathin - Lubuklinggau
    Heru Cahyono - Jakarta Selatan
    Abdul Aziz - Ciamis
    Bangkit Sanjaya - Lampung Timur
    Nendi Rohaendi - Bandung
    Agus Fauzan Arifin - Sleman
    Aidil Azmi - Banda Aceh
    Gedion Dapaherang - Jakarta Timur
    Ginanjar Rahman Latief - Kab. Bandung
    M Erfan Efendi - Surabaya
    Asep Yandis - Karawang
    Ryan Nanda Saputra - Bandung
    Rio Putra Permana - Pekan Baru (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel