-->

Bertemu Jokowi, Kaisar Naruhito Harap Jepang dan Indonesia Terus Bersahabat


BOGOR, LELEMUKU.COM -  Kaisar Hironomiya Naruhito Jepang  mengharapkan hubungan baik dan persahabatan di antara negaranya dengan Indonesia dapat terus berlanjut. Hal itu dikatakannya ketika dijamu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Bogor, pada Senin, 19 Juni 2023, dalam perjalanan luar negeri pertamanya sebagai kaisar.

“Kami juga ingin berterima kasih kepada mereka yang telah bekerja keras untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara kedua negara kita,” kata Naruhito dalam pernyataan persnya bersama Jokowi.

Jokowi sempat mengajak Naruhito bersama Permaisuri Masako berkeliling di sekitar Istana Bogor dan menunjukkan beragam koleksi bunga anggrek di Griya Anggrek. Jokowi juga memamerkan satu ekor ikan Arwana Red di salah satu akuarium yang akan dihadiahkan untuk Naruhito.

"Saya merasa sangat-sangat terhormat karena Indonesia menjadi tujuan pertama kunjungan kenegaraan bilateral Kaisar Jepang ke luar negeri. Kunjungan Sri Baginda Kaisar bersama Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pondasi kokoh ini diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis dua negara terutama di bidang ekonomi. Ia menyebut saat ini dunia tengah diterpa berbagai tantangan dan dengan adanya pertemuan ini Jokowi berharap kebahagiaan dan kemakmuran selalu menyertai kedua negara.

"Sri Baginda, persahabatan antar-masyarakat, antar-negara antara Jepang dan Indonesia penting untuk terus disemai," kata Jokowi.

Prosesi penyambutan Naruhito dan Masako dilakukan dengan pawai sejumlah orang yang memakai baju daerah. Selain itu, terdapat upacara inspeksi pasukan yang disertai dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Kaisar mengaku senang bisa berkunjung ke Indonesia. “Selama kami di sini, kami dapat memperdalam pemahaman kami mengenai masyarakat dan budaya beserta sejarah negara Anda yang beragam,” ujarnya.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan kunjungan selama lima hari ke Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu, 17 Juni 2023. Selain bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, kaisar akan berkunjung ke Yogyakarta pada 21 Juni, sebelum kembali ke Jepang pada 23 Juni 2023.

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Kojiro Shiojiri, saat bertemu wartawan pada Minggu, 18 Juni 2023, mengatakan Naruhito sangat ingin melihat langsung perkembangan hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang sudah mencapai 65 tahun pada 2023. Sementara hubungan Jepang dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang saat ini diketuai Indonesia memasuki 50 tahun.

Negeri Sakura adalah mitra dagang terbesar ke-3 Indonesia. Tahun lalu, total perdagangan kedua negara melampaui angka sebelum pandemi yaitu senilai US$42 miliar atau Rp644 triliun. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel