-->

Taiwan Sebut Kapal Induk China Berlayar Lewati Selat


TAIPE, LELEMUKU.COM - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal induk China Shandong dan dua kapal lain berlayar melalui Selat Taiwan pada Sabtu (27/5). Insiden tersebut terjadi di tengah peningkatan ketegangan militer terbaru atas pulau yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri.

Kementerian mengatakan Shandong, yang beroperasi pada 2019, berlayar ke arah utara sekitar tengah hari melalui selat yang menempel di garis mediannya. Selat tersebut berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak.

Militer Taiwan memantau kelompok itu secara secara ketat dengan menggunakan kapal dan pesawatnya sendiri dan "menanggapi dengan tepat", kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Kementerian Pertahanan China tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar dan angkatan bersenjata negara itu tidak menyebutkan pelayaran itu di saluran media sosial resmi mereka.

Shandong turut serta dalam latihan militer China di sekitar Taiwan pada bulan lalu, kapa tersebut beroperasi di Pasifik barat.

Pada Maret tahun lalu, Shandong berlayar melintasi Selat Taiwan, hanya beberapa jam sebelum presiden China dan AS dijadwalkan untuk berbicara.

China melanjutkan kegiatan militer dalam skala yang lebih kecil di sekitar Taiwan setelah secara resmi mengakhiri latihan perangnya bulan lalu.

Pada Sabtu (27/5), Kementerian Pertahanan Taiwan juga mengatakan selama 24 jam sebelumnya delapan jet tempur China melintasi garis median selat itu. Jet tempur China secara berkala melintasi wilayah tersebut sejak latihan perang pada Agustus tahun lalu.

China selalu menggunakan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya.

Pemerintah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menolak keras klaim kedaulatan Beijing dan mengatakan hanya rakyat pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel