-->

Ron DeSantis Umumkan Maju di Pilpres AS 2024


TALAHASSEE, LELEMUKU.COM - Gubernur Florida Ron DeSantis resmi mengumumkan maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2024. Forum online peluncurannya sebagai kandidat, yang diselenggarakan oleh pemilik Twitter Elon Musk pada Rabu, 24 Mei 2023, sempat terganggu.

"Kita harus mengakhiri budaya kalah yang telah menginfeksi Partai Republik dalam beberapa tahun terakhir," kata DeSantis, politikus Partai Republik, dalam acara bersama Musk setelah sebagian besar masalah teknis dibereskan.

Masuknya DeSantis dalam kontestasi membuatnya berselisih dengan mantan sekutu, Donald Trump, yang kalah dalam pilpres AS 2020 dari rival Partai Demokrat Joe Biden.

DeSantis membingkai dirinya sebagai eksekutif yang menyelesaikan pekerjaan yang menentang pemerintah federal atas kebijakan Covid dan yang telah memberikan cap konservatif yang tak terhapuskan di negara bagian asalnya.

Dia membela upayanya di Florida untuk melarang pengajaran konsep-konsep seperti identitas gender dan rasisme sistemik sebagai perlindungan anak-anak kecil. Secara umum dia melawan ideologi progresif.

Dengan profil nasional yang meningkat dan apa yang diharapkan menjadi sumber keuangan yang dalam, DeSantis, 44 tahun, segera menjadi saingan terbesar Trump untuk nominasi Partai Republik. "Pemerintah bukan tentang hiburan, bukan tentang membangun merek," kata DeSantis, menyindir Trump. Dia secara spesifik tidak pernah menyebut nama Trump selama acara tersebut.

Trump, 76 tahun, tidak ragu untuk mengejek DeSantis di platform media sosialnya, Truth Social, atas awal kampanyenya yang terseok-seok. "Tombol Merah saya lebih besar, lebih baik, lebih kuat, dan berfungsi (KEBENARAN!)" Trump memposting, "Milik Anda tidak."

Siaran Twitter dari wawancara selama satu jam, yang dimaksudkan sebagai peluncuran kampanye DeSantis, kehilangan suara untuk waktu yang lama. Ribuan pengguna tidak dapat bergabung atau dikeluarkan.

Musk mengakui bahwa ada kendala teknis karena besarnya skala acara tersebut. Namun dia menegaskan, "sangat bagus bagi orang-orang untuk mendengar langsung dari calon presiden."

Acara Twitter peluncuran presidensi DeSantis diperkirakan menarik lebih dari 600.000 pendengar. Namun pengamatan akhir, jumlahnya kurang dari 300.000. Juru bicara kampanye DeSantis, Bryan Griffin mengatakan di Twitter bahwa antusiasme terhadap DeSantis telah "benar-benar merusak internet".

Kampanye itu mengumpulkan US$1 juta dalam satu jam, kata Griffin.

Jajak pendapat menunjukkan Trump memiliki keunggulan lebih dari 2 banding 1 atas gubernur Florida, yang telah lama dianggap sebagai bintang Republik yang sedang naik daun dan pembawa generasi baru pemimpin di partai.

Trump, yang mengumumkan pada bulan November, juga memiliki awal yang baik dalam mengatur kampanyenya di negara-negara bagian yang memberikan suara awal.

Argumen utama DeSantis untuk pencalonannya kemungkinan besar adalah bahwa dialah satu-satunya Republikan yang dapat mengalahkan Biden. "Presiden kita, yang kurang bergairah, gagal dalam menghadapi tantangan bangsa kita dan dia mengambil isyarat dari massa yang terbangun," kata DeSantis. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel