-->

Rishi Sunak Ingin Perkuat Hubungan Inggris dan Indo-Pasifik


LONDON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, pada Kamis (18/5), mengatakan kawasan Indo-Pasifik menjadi "semakin penting" bagi Inggris di saat negaranya berupaya meningkatkan hubungan perdagangan dengan Jepang dan negara-negara Asia lainnya setelah keluar dari Uni Eropa.

Sebagai bagian dari upaya itu, Inggris mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan blok perdagangan regional, Kemitraan Trans-Pasifik Komprehensif dan Progresif, atau CPTPP.

“Itu kesepakatan penting,” kata Sunak dari atas kapal induk Jepang, JS Izumo, ketika berkunjung ke Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSF) di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka.

"Kami adalah negara non-Pasifik pertama yang bergabung dengan perjanjian perdagangan itu. Itu berarti lebih banyak pekerjaan bagi orang-orang di dalam negeri," katanya.

Sunak juga menegaskan kembali sikap Inggris terhadap Taiwan, di sela kunjungan mantan Perdana Menteri Inggris Liz Truss ke wilayah demokrasi pesaing Beijing tersebut.

"Kami tidak ingin melihat adanya perubahan status quo dengan kekerasan atau paksaan," katanya.

Jepang dan Inggris pada Kamis sepakat untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, energi bersih, keamanan siber, dan semikonduktor. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel