-->

PM Narendra Modi Sebut Separatis Tidak Boleh Rusak Hubungan India-Australia


CANBERRA, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Narendra Modi, Rabu (24/5), memperingatkan bahwa "elemen separatis" tidak boleh dibiarkan merusak hubungan India-Australia, setelah ia mendapat sambutan meriah ketika tiba di Sydney.

Pemimpin India itu mengecam "serangan" baru-baru ini di kuil-kuil Hindu di Australia -- vandalisme yang diduga dilakukan oleh separatis Sikh -- setelah pertemuan puncaknya dengan Perdana Menteri Anthony Albanese di Admiralty House di Sydney Harbour.

"Kami tidak akan membiarkan elemen apa pun yang merusak hubungan persahabatan dan hangat antara India dan Australia melalui tindakan atau pemikiran mereka," kata Modi kepada wartawan.

"Perdana Menteri Albanese sekali lagi meyakinkan saya hari ini bahwa ia akan mengambil tindakan tegas terhadap unsur-unsur semacam itu di masa depan," kata Modi menurut seorang penerjemahnya.

Grafiti anti-Modi tahun ini ditemukan terlukis di enam kuil di Australia, diduga oleh mereka yang mengupayakan pembentukan tanah air Sikh yang dikenal sebagai Khalistan.

Protes oleh diaspora Sikh meletus di seluruh dunia bulan lalu setelah terjadinya perburuan besar-besaran terhadap seorang pemimpin separatis di India. Dalam perburuan itu, ribuan polisi India dimobilisasi dan akses internet seluler terputus selama berhari-hari di seluruh negara bagian Punjab yang mayoritas warganya adalah Sikh.

Albanese, yang sebelumnya mengutuk insiden grafiti di Australia, tidak menyebutkan masalah itu dalam sambutannya, dan malah memuji kesepakatan baru yang mempromosikan pertukaran pelajar, peneliti, akademisi, dan pebisnis dengan India. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel