-->

Pertemuan Jokowi dan Ebrahim Rahisi di Bogor Hasilakn 10 Dokumen Kerja Sama


BOGOR, LELEMUKU.COM - Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 23 Mei 2023, menghasilkan 10 dokumen kerja sama, mulai dari perluasan akses perdagangan hingga komitmen pemberantasan narkoba.

Jokowi, dalam jumpa pers usai pertemuan bilateral mengatakan, Indonesia dan Iran telah menandatangani Preferential Trade Agreement (PTA). Kesepahaman ini memungkinkan kedua negara mengamankan atau meningkatkan akses pasarnya.

“Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran,” kata Jokowi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan timpalannya dari Iran, sebelum dimulai konferensi pers secara seremonial menunjukkan nota kesepahaman kedua negara soal kerja sama pemberantasan peredaran gelap narkoba, kepada para pemimpin.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah, belum segera menjawab pesan yang dikirim Tempo, saat ditanya mengenai mekanisme kerja sama pemberantasan narkoba Iran dan Indonesia.

Kesepakatan lain yang dicapai dua negara mencakup bidang ilmu pengetahuan-teknologi, jaminan produk halal, pengembangan sektor energi, regulasi farmasi, biologi, obat tradisional dan bahan pangan olahan.

Ada pula dokumen soal pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, bantuan administrasi timbal balik di bidang kepabeanan, promosi perdagangan, dan terakhir program pertukaran kebudayaan.

Dalam jumpa pers, Jokowi mengatakan dia dan Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan business-to business, investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara, solusi investasi sektor migas, hingga terkait teknologi sinyal perkeretaapian dan kerja sama riset bersama alih teknologi dan assembly.

Menurut presiden, topik geopolitik global juga menjadi bahan perbincangan, tanpa mengelaborasi lebih lanjut. “Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan,” katanya.

Nilai kerja sama perdagangan Indonesia-Iran mencapai US$257,2 juta pada 2022. Angka tersebut meningkat sebesar 23 persen dari 2021.

Selain bertemu dengan Jokowi, Raisi juga akan bertemu dengan Ketua DPR, Ketua MPR, serta para cendekiawan, pemikir, dosen dan mahasiswa serta pelaku usaha di Indonesia. Raisi juga diagendakan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel