-->

Peringati Hari Posyandu, Pemkot dan TP-PKK Gelar Kampanye Kesehatan


AMBON, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Posyandu Nasional Ke-39 Tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama TP-PKK menggelar Kampanye Kesehatan, Sabtu (6/5/23) di Lapangan Merdeka.

Kampanye Kesehatan yang diisi dengan Jalan Santai, Senam Bersama, Pemeriksaan Kesehatan, serta materi interaktif dibuka oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena bersama Pj. Ketua TP-PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena. Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan OPD, Kader PKK serta Kader Posyandu.

Pj. Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, Posyandu memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat, olehnya itu Pemkot terus memberikan  perhatian dan penguatan terhadap Posyandu.

“Posyadu itu penting karena memang kita diperhadapkan dengan berbagai persoalan terkait dengan ibu dan anak, tetapi juga terkait dengan Stunting,angka kematian ibu, angka kematian bayi, bahkan angka kematian balita, merupakan hal-hal yang berkaitan langsung dengan pelayanan pos pelayanan
terpadu atau Posyandu,” ungkapnya

Mengingat pentingnya fungsi Posyandu, Pemkot mendorong agar masing – masing desa/negeri dan kelurahan untuk menyiapkan bangunan Posyandu representatif, yang memenuhi syarat pelayanan kesehatan secara lengkap.

“Masing-masing desa kelurahan Negeri apalagi desa dan Negeri mesti menyiapkan satu Posyandu yang memenuhi syarat pelayanan kesehatan secara lengkap karena banyak Posyandu yang kegiatannya dilaksanakan dibuat di depan teras rumah warga, ada juga yang mungkin karena tidak ada tempat lalu
menggunakan tempat-tempat yang sebenarnya tidak bisa memenuhi standar pelayanan kesehatan yang baik dan benar,” terangnya.

Selain infrastruktur, menurut Wattimena, penguatan posyandu, juga dari sisi kader dimana Pemkot bersama TP-PKK terus mendorong peningkatan peran dan fungsi kader Posyandu melalui kegiatan penguatan kapasitas.

“Tentu saja penguatan kapasitas kader inilah yang menjadi tumpuan harapan kita supaya berbagai hal seperti kematian ibu bayi balita dan stunting ini bisa kita tangani secara bersama,” tambahnya.

Wattimena berharap melalui peringatan Hari Posyandu Nasional ke-39 Tahun 2023, menjadi motivasi bersama Pemkot, TP-PKK dan kader Posyandu, dalam target penurunan Stunting hingga dibawah 14 persen pada tahun 2024.

Di tempat yang sama, Pj. Ketua TP -PKK dalam sambutannya mengatakan momen Peringatan Hari Posyandu, selain menjad ajang pertemuan para kader juga sebagai pengakuan dan penghargaan atas kerja keras mereka.

“Ini merupakan momen untuk para kader dapat bergandengan tangan dan berkomitmen untuk memutus mata rantai Stunting di kota Ambon,” tandas Lisa.

Diketahui Kegiatan kampanye kesehatan juga diisi dengan pemberian bantuan timbangan bayi digital di tiap kecamatan, serta pembagian bingkisan kepada perwakilan kader Posyandu. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel