-->

Pendukung Pemerintah Pakistan Protes Pembebasan Imran Khan


ISLAMABAD, LELEMUKU.COM - Konvoi bus dan kendaraan yang dipenuhi pendukung pro-pemerintah Pakistan membanjiri jalan utama menuju ibu kota negara itu pada Senin 15 Mei 2023. Aksi ini digelar untuk memprotes pembebasan mantan Perdana Menteri Imran Khan.

Ribuan orang menuju ke Mahkamah Agung Pakistan untuk melakukan aksi duduk menentang keputusannya untuk membebaskan Khan, yang sekarang menjadi pemimpin oposisi, setelah penangkapannya dalam kasus korupsi.

Khan yang berusia 70 tahun, dibebaskan dengan jaminan dan diberikan perlindungan dari penangkapan hingga akhir bulan ini.

Seruan untuk memprotes adalah tanda meningkatnya ketegangan antara pengadilan dan pemerintah Perdana Menteri Shahbaz Sharif. Ia menggantikan Khan setelah penggulingannya dalam mosi tidak percaya di parlemen pada April 2022.

Gerakan Demokrasi Pakistan, sebuah aliansi dari 13 partai politik yang berafiliasi dengan Liga Muslim Pakistan yang berkuasa, telah menyerukan aksi duduk selama akhir pekan. Partai politik Islam radikal Jamiat-e-Ulema-Islam juga memimpin seruan protes.

Juga sebagai bagian dari aliansi, Partai Rakyat Pakistan yang dipimpin oleh Bilawal Bhutto Zardari – putra Perdana Menteri Benazir Bhutto yang terbunuh – juga bergabung dalam protes tersebut.

Aksi duduk diperkirakan akan berlangsung, meskipun ada larangan demonstrasi dan pertemuan publik yang diberlakukan pemerintah setelah krisis.

“Protes damai kami menentang Ketua Mahkamah Agung (Umar Ata Bandial) karena memfasilitasi pembebasan Imran Khan,” kata Fazalur Rehman, ketua Aliansi Demokratik Pakistan. Saat dia berbicara, lebih dari 3.000 pendukung telah berkumpul di dekat gedung mahkamah agung.

Dalam pernyataan yang disiarkan televise pada hari ini, Menteri Pertahanan Khawaja Mohammad Asif menuduh Mahkamah Agung berpihak pada Khan. Dia menyarankan pengadilan "memeriksa perilaku hakim agung" dan mengambil tindakan hukum terhadapnya.

Selasa lalu, Khan ditangkap secara dramatis dari ruang sidang di Islamabad dan diseret oleh agen-agen Biro Akuntabilitas Nasional dengan tuduhan menerima properti bernilai jutaan dolar untuk memberikan keuntungan kepada seorang taipan real estat.

Penangkapan Khan memicu gelombang protes keras di seluruh Pakistan. Pendukung Khan dan partainya Tahreek-e-Insaf Pakistan, bentrok dengan polisi, membakar lebih dari 100 kendaraan polisi, dan membakar gedung-gedung pemerintah dan bahkan fasilitas militer, termasuk kediaman seorang komandan militer daerah di kota timur Pakistan, Lahore.

Setahun setelah pemecatannya, Khan, mantan bintang kriket yang menjadi politikus Islamis, masih populer di Pakistan. Khan menyalahkan Sharif, militer negara itu dan Amerika Serikat atas pencopotannya dari kekuasaan, mengatakan itu adalah bagian dari konspirasi untuk mendiskreditkannya. Ketiganya membantah tuduhan itu.

Di kemudian hari, Khan akan menghadap pengadilan tinggi di kota Lahore untuk meminta jaminan dan perlindungan dari penangkapan dalam kasus terorisme yang diajukan terhadapnya karena kekerasan minggu lalu yang dipicu oleh para pendukungnya.

Pakistan yang kekurangan uang menghadapi gejolak politik di tengah pembicaraan yang macet dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghindari gagal bayar utang negara. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel