-->

Pemerintah Ukraina Sebut Hanya Ada Satu Syarat Negosiasi Damai, Rusia Tarik Seluruh Pasukan


KYIV, LELELMUKU.COM - Pemerintah Ukraina menyatakan, rencana perdamaian Kyiv adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri invasi Rusia di Ukraina dan waktu untuk upaya mediasi telah berlalu.

Kepala penasihat diplomatik Ukraina, Ihor Zhovkva, mengatakan kepada Reuters bahwa Ukraina tidak tertarik pada gencatan senjata yang mengunci keuntungan teritorial Rusia, dan menginginkan implementasi rencana perdamaian dengan syarat penarikan penuh pasukan Rusia.

Dia menolak inisiatif perdamaian dari China, Brasil, Vatikan, dan Afrika Selatan dalam beberapa bulan terakhir, karena tidak memasukkan syarat penarikan pasukan Rusia dari Urkaina.

"Tidak mungkin ada rencana perdamaian Brasil, rencana perdamaian China, rencana perdamaian Afrika Selatan ketika Anda berbicara tentang perang di Ukraina," kata Zhovkva dalam wawancara Jumat malam, 26 Mei 2023.

Presiden Volodymyr Zelensky melakukan sejumlah perjalanan dengan menghadiri KTT Liga Arab di Saudi pada 19 Mei, mengadakan pembicaraan dengan tuan rumah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Irak dan delegasi lainnya.

Dia kemudian terbang ke Jepang di mana dia bertemu dengan para pemimpin India dan Indonesia - suara-suara penting di Global South - di sela-sela KTT Kelompok Tujuh kekuatan ekonomi utama di Hiroshima.

Sementara Kyiv mendapat dukungan kuat dari Barat dalam perjuangannya melawan Kremlin, ia belum mendapatkan dukungan yang sama dari Global South - istilah yang menunjukkan Amerika Latin, Afrika, dan sebagian besar Asia - di mana Rusia telah menginvestasikan energi selama bertahun-tahun.

Moskow memperkuat hubungan dengan kekuatan Global South selama perang di Ukraina, termasuk dengan menjual lebih banyak energinya ke India dan China.

Menanggapi embargo Barat atas impor minyak Rusia melalui laut, Rusia mengalihkan pasokan dari pasar tradisional Eropa ke Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang berada di Nairobi pada hari Senin berharap untuk menyelesaikan pakta perdagangan dengan Kenya, telah berulang kali melakukan perjalanan ke Afrika selama perang dan St Petersburg akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak Rusia-Afrika musim panas ini.

Sebagai tanda bagaimana Ukraina mencoba menantang pengaruh diplomatik Rusia, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memulai tur masa perang keduanya ke Afrika minggu lalu.

Zhovkva mengatakan memenangkan dukungan di Global South adalah prioritas utama. Sementara Ukraina fokus pada hubungan dengan mitra Barat pada awal invasi, mengamankan perdamaian adalah masalah yang menjadi perhatian semua negara, katanya.

Dia mengecilkan prospek seruan untuk berdialog dengan Rusia yang dibuat oleh Paus Francis yang menggambarkan wilayah pendudukan Ukraina sebagai "masalah politik".

"Dalam periode perang terbuka ini, kami tidak membutuhkan mediator. Sudah terlambat untuk mediasi," katanya.

Zhovkva mengatakan reaksi terhadap rencana perdamaian 10 poin Ukraina sangat positif pada KTT G7.

Kyiv ingin para pemimpin G7 membantu membawa sebanyak mungkin pemimpin Global Selatan ke "KTT Perdamaian" yang diusulkan oleh Kyiv musim panas ini, katanya, menambahkan bahwa lokasi masih dibahas.

Persyaratan Damai Rusia

Rusia mengatakan terbuka untuk pembicaraan damai dengan Kyiv, yang terhenti beberapa bulan setelah invasi. Tetapi mereka bersikeras bahwa setiap pembicaraan harus didasarkan pada "realitas baru", yang berarti aneksasi yang diumumkan atas lima provinsi Ukraina yang dikontrol sepenuhnya atau sebagian - sebuah kondisi yang tidak akan diterima Kyiv.

China, ekonomi terbesar kedua di dunia dan mitra dagang utama Ukraina sebelum perang, telah menggembar-gemborkan visi perdamaian 12 poin yang menyerukan gencatan senjata tetapi tidak mengutuk invasi atau mewajibkan Rusia menarik diri dari wilayah pendudukan.

Beijing, yang memiliki hubungan dekat dengan kepemimpinan Rusia, mengirim utusan utama Li Hui ke Kyiv dan Moskow bulan ini untuk mendorong pembicaraan damai.

Zhovkva mengatakan utusan itu diberi pengarahan secara rinci tentang situasi di medan perang, di pembangkit nuklir Zaporizhzhia, jaringan listrik dan pemindahan anak-anak Ukraina ke Rusia, yang menurut Kyiv adalah kejahatan perang Rusia.

"Dia mendengarkan dengan penuh perhatian. Tidak ada tanggapan langsung... kita lihat saja. China adalah negara bijak yang memahami perannya dalam urusan internasional." (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel