-->

Menlu Israel Sebut Normalisasi Hubungan Arab Saudi dan Israel Hanya soal Waktu


YERUSALEM, LELMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen sangat yakin normalisasi hubungan Arab Saudi dan Israel hanya soal waktu. Surat kabar Jerusalem Post mewartakan Perdana Menteri Isreal Benjamin Netanyahu berkeras kalau normalisasi hubungan Arab Saudi dan Israel adalah sebuah prioritas.

“Ini bukan perkara seandainya, namun soal kapan. Kami dan Arab Saudi punya kesamaan kepentingan,” kata Cohen.

Cohen menyoroti kalau Arab Saudi dan Israel sama-sama menganggap kalau Iran adalah musuh yang nyata. Rekonsiliasi yang baru-baru ini dilakukan antara Riyadh dan Tehran, diklaim Cohen hanyalah sebuah hal yang telah lalu.

“Arab Saudi akan melakukan apapun demi menghentikan Iran dari upaya untuk mendapatkan sebuah senjata nuklir. Kesepakatan itu adalah cara Arab Saudi mengirimkan pesan ke Amerika Serikat agar terlibat lebih banyak,” kata Cohen.

Surat kabar Jerusalemn Post mewartakan Cohen menyebut pejabat senior di pemerintahan Joe Biden dan sejumlah anggota senat Amerika Serikat sudah berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman soal perdamaian dengan Israel baru-baru ini. Yang Riyadh inginkan adalah sebuah pendekatan yang lebih positif dari Washington dan hal ini sedang diupayakan.

Sebelumnya pada Maret 2023, CNN mewartakan Arab Saudi meminta jaminan keamanan dari Amerika Serikat dan bantuan pada program nuklir sipilnya sebagai syarat untuk normalisasi hubungan dengan Israel. Hanya saja, permintaan tambahan jaminan keamanan yang diminta Arab Saudi kemungkinan akan mendapat penolakan dari sejumlah anggota Kongres, yang menyebut pemerintahan Biden telah menurunkan (standar) hubungan Washington dengan Riyadh. Baik Biden dan Netanyahu sama-sama menyadari pentingnya normalisasi hubungan Israel dengan Arab Saudi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel