-->

Kepala NATO Jens Stoltenberg Minta Kosovo Kurangi Ketegangan dengan Serbia


BRUSSEL, LELEMUKU.COM - Kepala NATO Jens Stoltenberg, Minggu, 28 Mei 2023, meminta Kosovo untuk mengurangi ketegangan dengan Serbia, dua hari setelah bentrokan sengit antara polisi Kosovo dan pengunjuk rasa yang menentang walikota Albania yang menjabat di daerah etnis Serbia.

Stoltenberg, sekretaris jenderal aliansi militer transatlantik asal Norwegia, mengatakan dia telah berbicara dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell tentang Kosovo.

Ia mengatakan Pristina dan Beograd harus terlibat dalam dialog yang dipimpin Uni Eropa.

"Pristina harus menurunkan ketegangan dan tidak mengambil langkah-langkah destabilisasi sepihak,” kata Stoltenberg dalam sebuah cuitan.

Etnis Serbia, yang membentuk mayoritas populasi di kawasan utara Kosovo, tidak menerima deklarasi kemerdekaan Kosovo pada 2008 dari Serbia dan masih melihat Beograd sebagai ibukota mereka lebih dari dua puluh tahun setelah perang berakhir pada 1999.

Etnis Albania membentuk lebih dari 90% populasi Kosovo secara keseluruhan.

Serbia menolak untuk mengambil bagian dalam pemilihan lokal pada April dan kandidat Albania memenangkan keempat kotamadya dengan jumlah pemilih 3,5%.

Orang-orang Serbia lokal, yang didukung oleh Beograd, mengatakan mereka tidak akan menerima para walikota dan bahwa mereka tidak mewakili warga lokal.

Jumat, tiga dari empat walikota dikawal polisi memasuki kantor-kantor mereka. Para pemrotes melempar batu ke arah polisi, yang menanggapinya dengan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa yang marah.

Situasi tetap tegang hingga Minggu. Polisi bersenjata lengkap dalam kendaraan-kendaraan lapis baja masih menjaga kantor-kantor walikota.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel