-->

Jake Sullivan Bertemu dengan Wang Yi di Alaska


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan bertemu dengan rekannya dari China di Eropa, sementara AS berusaha membuka jalur komunikasi dengan China di tengah-tengah hubungan yang tegang.

Sullivan dan diplomat senior China Wang Yi memutuskan akhir pekan lalu untuk mengadakan pertemuan tatap muka pada hari Kamis (11/5), menurut seorang sumber diplomatik yang mengetahui rencana itu tetap meminta namanya tidak disebut sewaktu membahas pertemuan tertutup itu dengan VOA.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri tidak menanggapi permintaan VOA mengenai rincian lain pertemuan itu.

Pertemuan itu berlangsung sementara Washington dan Beijing sedang mempersiapkan lebih banyak lagi dialog langsung antara para pejabat senior mereka.

Setelah militer AS menembak jatuh balon mata-mata China yang terbang di atas angkasa AS pada Februari lalu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken menangguhkan rencana perjalanannya ke Beijing.

Pekan lalu, Blinken mengatakan ia berharap pertemuan itu dapat dijadwal ulang untuk tahun ini.

Sementara itu, Menteri Perdagangan China Wang Wentao berencana mengadakan pembicaraan dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo di Washington pekan depan, kata seorang sumber diplomatik.

Para pejabat AS maupun China telah mengatakan tentang perlunya menstabilkan hubungan yang goyah antara dua ekonomi terbesar dunia ini. Hubungan kedua negara tegang terkait isu-isu yang mencakup keamanan, perdagangan, teknologi, Taiwan dan Laut China Selatan.

Hari Rabu, Blinken mengatakan AS memiliki “kekhawatiran” mengenai perlakuan terhadap perusahaan-perusahaan AS d bawah UU kontraspionase baru China.

Beberapa perusahaan digerebek baru-baru ini oleh polisi China dengan alasan keamanan nasional, di antaranya Capvision dan Mintz Group. “Ini sesuatu yang kami bahas dengan China,” kata Blinken dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Spanyol José Manuel Albares.

“China ingin memiliki lingkungan bisnis positif yang menarik investasi asing,” tetap “tindakan yang diambilnya terkait bisnis itu akan berdampak besar,” lanjut Blinken.

Bloomberg telah melaporkan bahwa Wang dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai kemungkinan besar akan bertemu langsung di sela-sela konferensi tingkat menteri forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Detroit akhir bulan ini.

Pada bulan Juni, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Nasional China yang baru, Li Shangfu diperkirakan akan menghadiri Dialog Shangri-La – KTT keamanan Asia – di Singapura. Militer China belum menyetujui proposal AS mengenai pertemuan menteri-menteri pertahanan mereka di sela-sela pertemuan tahunan ini. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel