-->

Ebrahim Raisi Akhiri Kunjungan Kenegaraan di Indonesia


BOGOR, LWLWMUKU.XOM -  Presiden Iran Ebrahim Raisi mengakhiri lawatan kenegaraannya ke Indonesia pada Rabu, 24 Mei 2023.  Di hari keduanya di Jakarta, dia menghadiri pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia, hingga mengunjungi Masjid Istiqlal.

Riasi mengikuti pertemuan business-to-business di antara pengusaha Iran dan Kadin Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski, di sekitar Jakarta Pusat. Pertemuan itu tertutup untuk media.

Menurut pantauan Tempo di lokasi, setelah persamuhan itu, Raisi mengamati perangkat telehealth dan pemantauan pasien jarak jauh yang dipajang di depan ruangan pertemuan. Tidak ada keterangan pers yang dia berikan – Raisi yang dijaga ketat, bersama delegasi Iran berjalan ke mobil untuk berpindah tempat.

Staff Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Iran tidak segera membalas saat ditanya agenda pasti Presiden Iran. Sebelumnya dia dijadwalkan mengunjungi Masjid Istiqlal siang ini untuk salat zuhur.

"Yang terjadwal hanya Presiden Iran dan rombongan," ujar Wakil Kepala Seksi Humas Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi Tempo, Rabu, 24 Mei 2023.

Abu menyebut belum mendapat informasi apakah ada pejabat Indonesia yang bakal mendampingi Ebrahim. Dia juga mengatakan masyarakat umum tetap bisa mengakses Masjid Istiqlal walaupun ada kunjungan Presiden Iran.

Di hari pertama kunjungannya ke Indonesia, Selasa, 23 Mei 2023, Raisi bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor. Para pemimpin menyepakati 10 kerja sama bilateral.

Di antara kerja sama itu adalah perdagangan preferensial (PTA), komitmen pembertantasan narkoba,  kerja sama iptek dan inovasi, kerja sama pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas.

Ada pula kerja sama jaminan produk halal; kerja sama bea cukai; kerja sama pengobatan farmasi, biologis dan tradisional serta kosmetik dan produk makanan; kerja sama pemberantasan peredaran gelap narkotika dan juga kerja sama pertukaran kebudayaan.

Nilai kerja sama perdagangan Indonesia-Iran mencapai US$257,2 juta pada 2022. Angka tersebut meningkat sebesar 23 persen dari 2021.

Selain bertemu presiden Jokowi, kemarin Raisi juga berjumpa dengan Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, hingga pidato di Pusat Studi Islam Jakarta. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel