-->

Ebrahim Rahisi Tunjuk Jenderal Garda Revolusi sebagai Pejabat Tinggi Keamanan Iran


TEHERAN, LELEMUKU.COM -  Presiden Iran Ebrahim Raisi, Senin, 22 Mei 2023, menunjuk seorang jenderal Garda Revolusi sebagai sekretaris baru badan keamanan utama negara itu, menggantikan kepala lama dan mediator terkemuka Teluk Ali Shamkhani, seperti dilansir Arab News mengutip AFP.

“Ali Akbar Ahmadian diangkat sebagai sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi berdasarkan keputusan presiden,” demikian pernyataan di situs resmi kepresidenan.

Ahmadian, yang belajar di Universitas Pertahanan Nasional, bertanggung jawab atas pusat strategis Korps Garda Revolusi Iran sebelum diangkat ke posisi baru, menurut situs web tersebut.

Dia juga anggota Dewan Kemanfaatan, yang bertugas sebagai dewan penasehat pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Ahmadian juga sebelumnya menjabat sebagai komandan angkatan laut Garda Revolusi dan kepala staf gabungan Garda, situs kepresidenan menambahkan.

Dekrit presiden mengakhiri masa jabatan hampir satu dekade Ali Shamkhani, 67, yang memainkan peran kunci dalam pemulihan hubungan penting Iran dengan pusat kekuatan Sunni Arab Saudi pada Maret.

Shamkhani telah di telah dianggap berhasil meredakan ketegangan Iran selama bertahun-tahun dengan beberapa negara Teluk.

Ia ditunjuk sebagai kepala dewan kemananan September 2013, menggantikan pendahulunya yang ultra-konservatif, Saeed Jalili. Ia menjabat sebagai menteri pertahanan di bawah presiden reformis dua periode Mohammad Khatami dari 1997 hingga 2005.

Ali Shamkhani, adalah sahabat lama pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamanei. Ia turun dari jabatannya dua bulan setelah menandatangani kesepakatan yang ditengahi China dengan Arab Saudi untuk mengakhiri keretakan politik.

Orang dalam Iran mengatakan perubahan kepemimpinan di Dewan Keamanan Nasional Tertinggi tidak mungkin berdampak pada kebijakan lembaga tersebut dan bahwa Shamkhani mungkin dipertimbangkan untuk "posisi yang lebih penting" di Iran.

Dia tidak merinci, tetapi dengan pemilihan parlemen yang dijadwalkan pada Februari - ketika para analis yakin jumlah pemilih akan rendah di tengah meningkatnya perbedaan pendapat politik dan meningkatnya kesulitan ekonomi - langkah personel senior seperti itu diawasi dengan ketat.

Lahir di provinsi Khuzestan yang kaya minyak pada 1955 dari keluarga kelompok minoritas Arab Iran, Shamkhani bergabung dengan Garda Iran tak lama setelah pembentukannya pada 1979. Ia tertugas sebagai wakil komandan Garda dari 1981 hingga 1988.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel