-->

DikominfoSandi dan BPS Gelar Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS)


AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi), bersama dengan Bappeda Litbang, dan DP3AMD, melaksanakan Rapat sekaligus sosialisasi terkait dengan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), pada ruang rapat Command Center, Balai Kota, Rabu (10/5/2023).

Kedatangan para perwakilan masing-masing dinas terkait dan BPS, disambut langsung oleh Kepala DiskominfoSandi, Joy Adriaansz. Dalam sambutannya disampaikan, kegiatan tersebut merupakan proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri dalam tujuan mengukur kematangan penyelenggaraan statistik tim sektoral.

“EPSS bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda), meningkat akan kualitas penyelenggaraannya, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik,” urainya.

Lanjut Adriaansz, tahapan EPPS terdiri atas penilaian mandiri, dokumen, interview, dan visitasi. Guna menjalankannya pada lingkup Pemkot maka diawali dengan membentuk tim penilaian internal (TPI) yang melibatkan dua dinas yakni DiskominfoSandi dan Bappeda Litbang.

“Tim ini akan melakukan evaluasi mandiri terhadap dua OPD yang melakukan kegiatan statistik maksimal dua tahun sebelumnya,” tandas, Adriaansz.

Sehingga dirinya berharap dukungan dari tim EPSS agar tetap solid, bekerja maksimal.

Sementara itu, perwakilan BPS Ambon, Barbalina Masela mengungkapkan dirinya berharap melalui pertemuan hari ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mempercepat pembentukan Forum satu data Indonesia (SDI) guna mempercepat proses kerja TPI.

“Iya harus seperti itu, evaluasi ini diharapkan supaya pembentukan forum itu bisa dilaksnakan secepatnya sehingga mempengaruhi proses kedepannya,” harapnya.

Untuk diketahui, Masela, didampingi oleh Aruesta Saraswati, dan Angelia Saiya guna menyampaikan materi saat rapat sosialisasi EPSS. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel