-->

Deretan Aksi yang Dilakukan Pemprov DKI Jelang KTT ASEAN di Jakarta


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN akan dilanjutkan di Jakarta usai pelaksanaannya di Labuan Bajo pada awal Mei lalu. Berbagai persiapan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama lembaga terkait untuk memastikan konferensi internasional tersebut berjalan lancar.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia dua kali menggelar KTT ASEAN pada tahun ini. Pertama KTT ASEAN ke-42 yang telah digelar pada 9-11 MEI 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kemudian KTT yang kedua, KTT ASEAN ke-43 akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang.

KTT pada Mei lalu dikhususkan untuk negara anggota ASEAN. Adapun KTT kedua di Jakarta diagendakan mengundang negara-negara mitra wicara ASEAN.

Negara mitra wicara juga ada ASEAN+3 yang terdiri dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Kemudian ASEAN+CER (Closer Economic Relations), yaitu Australia dan Selandia Baru.

Lalu, apa saja yang sudah dilakukan Pemprov DKI untuk menyukseskan KTT ASEAN?

Wacanakan WFH untuk kurangi kemacetan

Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat perhelatan ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM)/Post Ministerial Meetings (PMC) dan KTT ASEAN 2023 di Ibu Kota. Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut, perlu ada diskusi lebih lanjut soal kesiapan lalu lintas saat acara berlangsung.

"Kemungkinan misalnya tanggal 13, 14 itu masih wacana nih ya, bisa work form home dan juga di posisi tanggal 5 sampai 7 September," kata dia di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Mei 2023, dilansir dari ANTARA.

Acara AMM/PMC akan dihelat pada 13 dan 14 Juli 2023. Sementara itu, KTT ASEAN pada 5-7 September 2023.

Kemarin Heru rapat koordinasi dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Cecep Herawan bersama jajaran di Balai Kota DKI membahas penyelenggaraan dua acara internasional tersebut.

Heru menyebut wacana WFH saat KTT ASEAN akan didiskusikan lebih lanjut dengan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Karyoto dan Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan.

"Kami bahas nanti dengan Pak Kapolda dan Pak Pangdam untuk bisa work form home," ujar Heru.

Cecep Herawan menyampaikan 36 negara dan berbagai organisasi internasional akan menghadiri AMM/PMC. Kemudian 26 negara dan organisasi internasional mengikuti kegiatan KTT ASEAN.

Oleh karena itu, kata Cecep, dibutuhkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan acara bertaraf internasional tersebut.

"Ini adalah perhelatan yang besar karena negara mitra utama pun akan hadir, sehingga butuh sinergi yang erat dengan Pemprov DKI bagaimana kita bisa bersama-sama menyukseskan rangkaian acara ini," papar Cecep.
Perbaiki jalan-jalan utama

Pemprov DKI juga fokus memperbaiki 18 ruas jalan nasional di Jakarta menjelang KTT ASEAN 2023. Dinas Bina Marga DKI bertanggung jawab terhadap perbaikan 11 jalan, yaitu Jalan M.H. Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Medan Merdeka Utara, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kemudian, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan MI Ridwan Rais, Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Halim.

Sedangkan empat jalan lainnya, yaitu Jalan Kebon Sirih, Jalan Haji Agus Salim, Jalan Arif Rahman Hakim (Tugu Tani), dan Jalan Kramat Kwitang dihandle Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat.

Lalu Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan fokus pada Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Panglima Polim. Terakhir, Jalan DI Panjaitan wewenangnya Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbaiki sejumlah ruas jalan menjelang KTT ASEAN 2023 di Jakarta pada September tahun ini. “Pada tahap pertama, kami kerjakan dari Ratu Plaza sampai ke lampu merah Bank Indonesia,” ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Minggu, 7 Mei 2023.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut pemerintah atas aduan warga terhadap kondisi jalan di Jakarta untuk menunjang mobilitas para pengguna jalan.

“Kami juga terima sejumlah pengaduan terhadap kondisi jalan. Maka, Dinas Bina Marga tahun ini memperbaiki beberapa ruas dan akan dilanjutkan sampai 2024,” pungkasnya.

Percantik kawasan sekitar Gedung Sekretariat ASEAN

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan juga mempercantik kanstin sekitar Gedung Sekretariat ASEAN menjelang KT) ASEAN atau Asean Summit ke-43 di DKI Jakarta.

"Selain di sekitar gedung, pengecatan ulang kanstin juga dilakukan di ruas Jalan Sisingamaraja, Jalan Trunojoyo, Jalan Pattimura dan Jalan Raden Patah," kata Lurah Selong, Murniasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Murniasih menerangkan, pengecatan ulang kanstin tersebut lantaran sudah kusam dan kotor agar penampilan lebih menarik.
Rapikan kabel semrawut di GBK

Heru Budi Hartono sebelumnya juga mengatakan akan merapikan kabel semrawut yang berada di kawasan Istora Senayan atau Glora Bung Karno (GBK) dan sekitarnya. Tidak hanya kabel, penataan trotoar dan pengaspalan jalanan turut dilakukan menjelang KTT ASEAN.

“Termasuk itu, saya berhenti sebentar di depan pintu masuk Semanggi. Akan secepatnya (dikerjakan), makanya sejak dini hari, hari ini kita mutar-mutar untuk mencari kekurangan yang harus dirapikan,” kata dia saat ditemui di kawasan JCC Senayan, Sabtu, 29 April 2023.
Mengoptimalkan iklan luar ruang

Heru juga sebelumnya berharap agar Kepala Badan Pajak bisa mengoptimalkan pemanfaatan  iklan luar ruang (LED) yang diharapkan dapat mempromosikan, menggaungkan KTT ASEAN di Jakarta

“Untuk Kepala Dinas, Kepala Badan Pajak bisa mengoptimalkan yang diminta oleh panitia nasional, oleh Ibu Menteri Luar Negeri untuk bisa mempromosikan, menggaungkan,” kata dia.

Akan libatkan siswa/siswi dalam penyambutan para kepala negara

Selain itu, Heru Budi juga akan melibatkan siswa/siswi dalam penyambutan para kepala negara dan delegasi dengan mengenakan baju adat atau pakaian tradisional, serta Bendera Merah Putih dan bendera negara peserta KTT ASEAN.

“Diutamakan adalah menyambut kepala negara pada waktunya pada jamnya nanti kami akan mengerahkan putra/putri kita, anak sekolah untuk menyambut kepala negara,” kata Heru Budi.
Keliling cek kesiapan venue

Heru Budi sempat mengelilingi sejumlah lokasi untuk meninjau kesiapan fasilitas menjelang KTT ASEAN 2023. Peninjauan diawali dengan pengecekan kondisi jalanan di area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Di sana, Heru meminta jajarannya untuk segera memasang banner yang memuat agenda KTT ASEAN dan spanduk sambutan selamat datang bagi para delegasi negara peserta.

Tidak hanya banner dan spanduk, ia juga meminta pemasangan bendera negara peserta. Heru tak sendirian. Dia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan jajarannya serta para Wali Kota dari lima wilayah administrasi Jakarta.

Setelah selesai mengecek area di Bandara Halim Perdanakusuma, Heru bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Kepala Sekretariat Presiden itu mengecek fasilitas di gedung VIP yang didampingi pihak bandara. Pengecekan dilakukan secara tertutup dari awak media.

Usai pengecekan, eks Wali Kota Jakarta Utara itu menyapa para awak media di lobi bandara. "Kami sarankan kepada beliau untuk bisa ada Abang None, ada bentuk-bentuk yang menunjukkan keragaman negara Indonesia," kata Heru.

Kemudian, sambung Heru, ia akan turut memfasilitasi jika dibutuhkan beberapa hiburan, seperti alat musik gamelan dan tanjidor guna menyambut delegasi. "Kami siapkan," ujarnya.

Menurut dia, persiapan Jakarta untuk menjadi venue KTT ASEAN 2023 sudah 99 persen. "Tinggal nanti kebanyakan sajian-sajian bernuansa lokal, bisa Jakarta. Nanti kami, juga Banten, sama-sama kami meramaikan acara, termasuk makanan, botok misalnya," kata Heru Budi.(Sunu Diryanto|Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel