-->

Volodymyr Zelenskyy Terima Kunker Jens Stoltenberg di Ukraina


KYIV, LELEMUKU.COM - Presiden Volodymyr Zelensky penasaran dengan keanggotaan Ukraina dalam aliansi militer Barat atau NATO. Kyiv beranggapan, saat ini adalah waktu yang tepat baginya untuk bergabung dalam pakta pertahanan itu.

Pemimpin Ukraina menerima kunjungan Kepala NATO Jens Stoltenberg pada Kamis, 20 April 2023. Dalam konferensi pers bersama, Zelensky mengaku sudah diundang ke KTT Nato di Vilnius pada Juli mendatang.

"Saya berterima kasih atas undangan untuk mengunjungi KTT, tetapi penting juga bagi Ukraina untuk menerima undangan yang sesuai," katanya kepada wartawan. Bagi Stoltenberg, ini adalah kali pertama pertama dia mengunjungi Kyiv sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.
 IMG-20230409-170401-329

"Tidak ada penghalang obyektif tunggal untuk keputusan politik mengundang Ukraina ke dalam aliansi dan sekarang, ketika kebanyakan orang di negara-negara NATO dan mayoritas Ukraina mendukung aksesi NATO, adalah waktu untuk keputusan yang sesuai."

Kyiv mengumumkan aplikasi untuk keanggotaan jalur cepat NATO September lalu setelah Kremlin mengatakan telah mencaplok empat wilayah Ukraina yang sebagian diduduki pasukannya. Ukraina memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet yang dipimpin Moskow pada 1991.

"Kami menafsirkan kunjungan sekretaris jenderal ini, yang pertama dari perang skala penuh, sebagai tanda bahwa aliansi siap memulai babak baru dalam hubungan dengan Ukraina, babak keputusan ambisius," kata Zelensky.

Zelensky mengatakan Ukraina juga menginginkan jaminan keamanan dalam perjalanannya untuk menjadi anggota NATO suatu hari nanti. Dia telah mendesak Stoltenberg untuk menekan beberapa anggota NATO yang menurutnya lamban dalam menyediakan persenjataan berat.

"Penundaan keputusan terkait adalah waktu yang hilang untuk perdamaian dan ini berarti nyawa para pejuang kita yang sejauh ini belum menerima instrumen pertahanan yang diperlukan dalam volume yang diperlukan," katanya.

Dalam jumpa pers yang sama Stoltenberg mengatakan tempat yang sah bagi Ukraina adalah di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Keanggotaan dan jaminan keamanan untuk Ukraina akan menjadi agenda utama dalam pertemuan puncak aliansi pada Juli.

"Tuan Presiden, saya di sini hari ini dengan pesan sederhana: NATO mendukung Ukraina," katanya. "NATO mendukung Anda hari ini, besok, dan selama yang diperlukan."

Zelinsky menyebut KTT NATO mendatang mungkin akan menjadi yang bersejarah.

Pada Februari 2022, Rusia mengumumkan apa yang disebutnya operasi militer khusus di Ukraina. Moskow menegaskan itu perlu dilakukan karena provokasi Barat yang mengancam keamanan Rusia.

Pertempuran di timur Ukraina sampai saat ini masih berlangsung. Negara-negara Barat – yang dipimpin Amerika Serikat, menjadi penyokong utama Kyiv dalam perang ini. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel