-->

Oposisi Thailand Ajak Partai Lain Bersatu Kalahkan Militer



BANGKOK, LELEMUKU.COM - Partai oposisi Thailand harus tetap bersatu untuk bisa mengeluarkan militer dari politik dan membentuk pemerintahan sipil dengan memenangkan pemilihan umum Mei mendatang, kata pemimpin partai oposisi  Pita Limjaroenrat, kepada Reuters, Sabtu, 22 April 2023.

Pemilihan Thailand 14 Mei 2023 akan menghadapkan kelompok konservatif pro-militer dan oposisi populis yang dipimpin oleh Partai Pheu Thai dan sekutunya Partai Maju. Dua pemerintahan yang didukung Pheu Thai digulingkan oleh kudeta militer pada 2006 dan 2014.

"Sangat jelas bahwa oposisi saat ini adalah jawaban tepat untuk tantangan yang dihadapi Thailand, bukan partai dukungan militer yang melakukan kudeta," kata pemimpin Partai Maju Pita Limjaroenrat, 42 tahun.
 IMG-20230409-170401-329

Pita, yang partai progresifnya populer di kalangan pemilih muda, melihat aliansi dengan Pheu Thai sangat penting untuk mengalahkan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha setelah lebih dari delapan tahun menjabat.

Prayuth pertama kali merebut kekuasaan dalam kudeta 2014 dan tetap menjadi perdana menteri setelah pemilihan terakhir pada 2019. Dia bersaing dalam pemilihan yang akan datang, tetapi jajak pendapat baru-baru ini menempatkannya di belakang Pheu Thai dan Move Forward, yang mempertahankan tempat pertama dan kedua.

Move Forward atau Partai Maju memiliki basis yang kuat di kalangan pemilih perkotaan, termasuk mereka yang bergabung dengan gerakan protes yang dipimpin pemuda yang muncul pada tahun 2020 untuk menantang Prayuth. Pita mengatakan bahwa basis dukungan memuji Pheu Thai, yang didukung oleh kelas pekerja dan petani di pedesaan utara dan timur laut.

Pita mengatakan aliansi antara partai-partai pro-demokrasi diperlukan untuk mengatasi pengaruh besar dari Senat majelis tinggi dengan 250 kursi, yang ditunjuk oleh pemerintah militer sebelum pemilihan terakhir, yang akan memilih perdana menteri berikutnya bersama dengan 500 kursi.

"Jika majelis rendah dikemas sebanyak mungkin dengan (yang mengikuti) norma dan aturan demokrasi, kita akan dapat menghilangkan konflik politik majelis tinggi yang ditunjuk versus politik majelis rendah yang terpilih," katanya. .

"Saya yakin kita akan melihat perubahan besar di sini di Thailand." katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel