-->

126 Bus Program Balik Lebaran Gratis Berangkat dari Solo


SOLO, LELEMUKU.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan ribuan peserta balik Lebaran gratis. Ribuan orang peserta balik gratis tersebut diberangkatkan menggunakan 126 bus dari Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto di sela pelepasan bus peserta balik Lebaran gratis di Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Jumat, 28 April 2023, mengatakan jumlah daerah yang mengikuti arus balik kali ini lebih sedikit dibandingkan saat arus mudik.

"Sebelumnya kami menyiapkan untuk 28 titik arus mudik, kalau ini kami menyiapkan delapan (titik pada arus balik). Jumlahnya tidak sama karena ada sebagian orang yang memperpanjang liburannya," katanya.

Ia mengatakan warga yang balik dari mudik di waktu yang hampir bersamaan dijadikan satu klaster sehingga dapat delapan titik keberangkatan, di antaranya dari Surabaya, Madiun, Yogyakarta, Cirebon, Semarang, Surakarta, dan Wonogiri.

Untuk jumlah armada yang digunakan pada program balik gratis ini sebanyak 126 bus. "Kami fasilitasi mudik dan balik gratis karena di dalamnya ada yang ingin mudik pakai motor dan kendaraan pribadi. Kalau semua bergerak pasti sifatnya massal, otomatis risiko kecelakaan tinggi, maka kami klasterkan," katanya.

Suharto berharap program mudik dan balik Lebaran gratis tersebut dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Ikhtiar menekan angka kecelakaan bisa diwujudkan dan mudik berkesan bisa diwujudkan," katanya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel