-->

Mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin Ditahan atas Dugaan Korupsi


KUALA LUMPUR,LELEMUKJ.COM - Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) pada Kamis, 9 Maret 2023, mengumumkan telah menahan mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dan akan menuntutnya dengan sejumlah pasal tindak korupsi.

MACC mengatakan dalam sebuah pernyataan, Muhyiddin ditangkap setelah ia diperiksa tentang proyek pemulihan ekonomi yang diluncurkan oleh pemerintahnya.

Muhyiddin, 75 tahun, secara sukarela menghadiri interogasi di MACC pada Kamis pagi terkait tuduhan kontraktor bangunan yang diduga menyetor uang ke rekening partai Bersatu sebagai imbalan kontrak selama pandemi.

Ketua koalisi Perikatan Nasional (PN) itu akan didakwa berdasarkan undang -undang yang terkait dengan penyalahgunaan kekuasaan dan pencucian uang. Muhyiddin, menjadi perdana menteri dengan masa jabatan 17 bulan, antara 2020 dan 2021.

Kepala MACC Azam Baki mengatakan kepada kantor berita negara Bernama sebelumnya bahwa mantan perdana menteri akan hadir di pengadilan pada Jumat, 10 Maret 2023.

Muhyiddin telah membantah tuduhan itu, menggambarkannya sebagai balas dendam politik.

Muhyiddin dan partainya menghadapi penyelidikan korupsi sejak kalah dari Perdana Menteri Anwar Ibrahim dalam pemilihan yang diperebutkan dengan ketat pada November.

Anwar tahun lalu memerintahkan peninjauan proyek-proyek pemerintah senilai miliaran dolar yang disetujui oleh Muhyiddin, termasuk program bantuan Covid-19, dengan tuduhan tidak mengikuti prosedur yang tepat.

Anwar seperti dilaporkan Bernama pada Kamis, 9 Maret 2023, mengatakan, dia tidak ikut campur dalam penyelidikan korupsi yang melibatkan Muhyiddin.

Dua pemimpin dari partai Muhyiddin telah didakwa oleh MACC dengan suap atas proyek pemulihan ekonomi yang diluncurkan oleh pemerintahnya.

Bulan lalu, MACC mempertanyakan Muhyiddin mengenai proyek yang sama dan juga telah membekukan rekening bank milik pihak Muhyiddin.

Tuduhan terhadap Muhyiddin datang menjelang pemilihan daerah yang akan diadakan di enam negara bagian Malaysia pada pertengahan tahun ini. Koalisi mantan perdana menteri diperkirakan akan menjadi tantangan kuat bagi aliansi Anwar.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel