-->

Penggalian Mesir Kuno Temukan 2.000 Mumi Kepala Domba Jantan


KAIRO, LELEMUKU.COM - Setidaknya 2.000 kepala mumi domba jantan yang berasal dari periode Ptolemeus dan struktur Kerajaan Lama ditemukan di kuil Ramses II di kota kuno Abydos di Mesir selatan, kata pejabat barang antik pada Sabtu (25/3).

Mumi domba betina, anjing, kambing liar, sapi, kijang, dan luwak ditemukan di kuil bersama dengan ditemukannya kepala domba jantan. Mumi hewan-hewan tersebut ditengarai merupakan persembahan untuk Ramses II di situs tersebut, sekitar 1.000 tahun setelah kematiannya, berdasarkan pernyataan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Kementerian mengatakan penemuan tersebut akan memperluas pengetahuan tentang situs itu selama lebih dari dua milenium hingga periode Ptolemeus. Periode Ptolemeus berlangsung sekitar tiga abad hingga penaklukan Romawi pada 30 Sebelum Masehi (SM).\

Abydos, yang terletak di Kegubernuran Mesir Sohag sekitar 435 km selatan Kairo, adalah salah satu situs arkeologi utama Mesir meskipun jarang dikunjungi.

Situs tersebut adalah lokasi pekuburan kerajaan Mesir kuno awal dan pusat ziarah untuk pemujaan Dewa Osiris.

Di samping sisa-sisa hewan mumi, tim menemukan struktur istana besar dengan dinding setebal sekitar lima meter dari dinasti keenam Kerajaan Lama, selain beberapa patung, papirus, sisa-sisa pohon kuno, pakaian kulit dan sepatu.

Struktur tersebut dapat membantu "membangun kembali lanskap kuno Abydos sebelum pembangunan kuil Ramses II," kata kepala misi, Sameh Iskander. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel