-->

Meski Dukung Kyiv, Alain Berset Berkukuh Melarang Bantuan Senjata untuk Ukraina


JENEWA, LELEMUKU.COM - Netralitas Swiss lebih penting dari sebelumnya, hal ini diungkapkan Presiden Alain Berset dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Minggu. Pernyataan Berset untuk membela larangan kontroversial mentransfer senjata buatan Swiss ke Ukraina.

“Senjata Swiss tidak boleh digunakan dalam perang,” katanya kepada mingguan NZZ am Sonntag seperti dilansir Al Arabiya Senin, 13 Maret 2023.

Berset mengatakan kepada NZZ bahwa kebijakan itu didasarkan pada "komitmen untuk perdamaian, hukum humaniter, dan mediasi jika memungkinkan".

Peran Swiss sebagai kursi Komite Palang Merah Internasional dan Konvensi Jenewa, serta markas besar PBB di Eropa “tercermin dalam undang-undang kami, termasuk yang berkaitan dengan ekspor senjata”, katanya.

Perlindungan hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia dan Konvensi Jenewa “mungkin terdengar ketinggalan zaman bagi sebagian orang, tetapi ini lebih penting dari sebelumnya,” katanya, memperingatkan bahwa “sangat berbahaya untuk membuang prinsip-prinsip dasar ini sekarang”.

“Sejauh menyangkut Swiss, peperangan bukanlah bagian dari DNA,” kata Berset, menekankan bahwa negaranya bertujuan “untuk hadir di mana pun kami dapat berkontribusi pada mediasi dan perdamaian”.

Tradisi panjang netralitas Swiss telah diperdebatkan sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Meski negara Alpine ini bukan anggota Uni Eropa, Swiss telah mengikuti jejak blok tersebut pada sanksi yang menargetkan Moskow. Namun, sejauh ini Swiss tidak menunjukkan fleksibilitas pada netralitas militernya.

Terlepas dari tekanan dari Kyiv dan sekutunya, Swiss terus memblokir negara-negara yang memiliki persenjataan buatan Swiss untuk mengekspornya ke Ukraina.

Hingga saat ini, permintaan dari Jerman, Spanyol, dan Denmark telah ditolak berdasarkan Undang-Undang Bahan Perang Swiss, yang melarang semua ekspor ulang jika negara penerima berada dalam konflik bersenjata internasional.

Dia mengatakan dia yakin negosiasi dengan Rusia diperlukan untuk mengakhiri perang di Ukraina, "semakin cepat semakin baik". Dan dia mencela "kegilaan perang di kalangan tertentu" di Swiss, di tengah seruan untuk meninggalkan kenetralan.

Itu "tidak berarti ketidakpedulian" dan dapat "menyesuaikan", katanya, menunjuk pada "sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya" yang telah diberlakukan Swiss terhadap Rusia.

Beberapa inisiatif sedang dilakukan di parlemen untuk melonggarkan aturan ekspor ulang untuk memungkinkan persenjataan buatan Swiss ditransfer oleh negara ketiga ke Ukraina. Namun, Berset menekankan posisi pemerintah jelas. “Itu juga sesuai dengan posisi pribadi saya. Senjata Swiss tidak boleh digunakan dalam perang.”

Proses menuju keputusan akhir, dengan perdebatan antara parlemen dan pemerintah, diikuti dengan kemungkinan referendum di bawah sistem demokrasi langsung Swiss, kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel