-->

Maria Gobay Pekey Dukung Pencanangan Imunisasi RV, PCV dan Posyandu Prima di Jayapura

Maria Gobay Pekey Dukung Pencanangan Imunisasi RV, PCV dan Posyandu Prima di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Maria Yuvita Gobay Pekey mendukung pencanangan ‘Pemberian Imunisasi Rotavirus (RV) dan Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) serta  Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Prima’ Kota Jayapura pada Senin, 6 Maret 2023.

Imunisasi PCV diberikan untuk meningkatkan ketahanan tubuh bayi terhadap penyakit pneumonia atau radang paru dan imunisasai RV diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit diare.

“Ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan primer agar pelayanan kesehatan dasar yang lebih dekat kepada masyarakat. Dimana posyandu ini memang pendekatannya adalah pendekatan siklus kehidupan sesuai pembagian klaster, yaitu klaster untuk ibu hamil, bersalin, nifas, anak remaja, bayi dan balita, serta lansia,” ucapnya.

Maria mengatakan pengklasteran bagi pelayanan kesehatan tersebut dilihat dari siklus hidup seseorang yang merupakan pelayanan kesehatan dasar untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan keluarga, masyarakat hingga berdampak pada Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sesuai dengan apa yang disampaikan dalam sustainable development bahwa perlu ada jaminan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua usia,” ujarnya.

Menurut Maria pelayanan prima merupakan pelayanan dan tindakan promotif dan preventif dimana orang yang sehat harus tetap menjaga kesehatan dan bagi orang dalam keadaan sakit menjadi tanggungjawab pemerintah dan pihak berkompeten untuk memberikan andil dalam memberikan layanan kesehatan.

“Oleh karena itu pelayanan posyandu prima ini harus terus dikerjakan bersama-sama pemerintah, organisasi perempuan dan stakeholder guna meminimalisir angka stunting, kemudian masalah ekonomi, social dan budaya lainnya,” sebut dia. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel