-->

Maknai 113 HUT Kota Jayapura, TP-PKK Turut Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Maknai 133 HUT Kota Jayapura, TP-PKK Turut Tingkatkan Layanan Kesehatan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Maria Yuvita Gobay Pekey mengatakan pihaknya turut mendukung peningkatan layanan kesehatan yang sejalan dengan 10 Program Pokok PKK.

Hal tersebut ia katakan memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jayapura yang ke-133 tahun pada Selasa, 7 Maret 2023. Menurut Maria optimalisasi kesehatan sudah sangat baik, dilihat dari jumlah Pos Pelayanan Terpadu (Poyandu) yang meningkat di tahun 2023 dengan jumlah 2.018 dari sebelumnya di tahun 2021 hanya sekitar 213 posyandu.

“Sejalan dengan 10 pokok pkk, salah satunya adalah kesehatan yang masuk di pokja 4. Sehingga memang kita bermitra dengan pemerintah,” ungkap dia pada Senin, 6 Maret 2023.

Maria menyebutkan menyelaraskan program kesehatan bukan hanya upaya dari organisasi perempuan saja tetapi kolaborasi antara pemerintah, stakeholder, BUMN dan BUMD yang saling bersinergi guna meminimalisir tingginya angka stunting dan masalah atau fenomena sosal, ekonomi dan budaya.

Selain itu, ia menambahkan untuk meningkatkan layanan dasar di bidang kesehatan juga perlu adanya optimalisasi menggunakan anggaran Otonomi Khusus (Otsus) agar implementsi program kesehatan benar-benar maksimal dan dirasakan seluruh masyarakat.

“Itu artinya perlu ada kesiapan SDM kesehatan, melalui kader-kader posyandu, PKK juga terlibat menjadi kader posyandu itu perlu diberdayakan. Sehingga mereka dapat benar-benar melayani masyarakat dengan baik dan sesuai dengan standar operasional kesehatan,” sebut Maria. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel