-->

Jhon Gobay Bangga Pengusaha OAP Mulai Jalankan Usaha Pertambangan

Jhon Gobay Bangga Pengusaha OAP Mulai Jalankan Usaha Pertambangan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM -  Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPRP Jhon NR Gobay mengaku bangga jika saat ini ada pengusaha Orang Asli Papua yang mulai lirik usaha pertambangan rakyat.

"Hari ini saya bangga karena anak - anak Papua mulai urus Ijin Tambang Rakyat, mereka harus pegang ijin kemudian bisa kelola sendiri atau bersama investor dibawah ijin yang dipegang anak Papua.Saya berharap Dinas terkait agar dapat ikut mempercepat ijin dengan mudah dan murah untuk membantu masyarakat kita," Tegas Gobay kepada Humas DPRP di ruang rapat Poksus DPRP, Senin, (27/02/2023)


Dikatakan Gobay bahwa upaya mendorong lahirnya regulasi daerah tentang pertambangan rakyat sudah dilakukan sejak tahun 2014 dan tahun 2020 baru di tetapkan menjadi Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi).

"Sejak tahun 2014 kami berjuang adanya tambang rakyat di Papua, tahun 2017 saya mengusulkan Perda Tambang Rakyat dan sudah di tetapkan dan disahkan yaitu Perdasi Papua No 7 tahun 2020 tentang Pertambangan Rakyat," Bebernya

Lebih jauh dikatakan Gobay bahwa hadirnya Perdasi tentang Pertambangan Rakyat adalah salah bentuk komitmen Gubernur Papua Lukas Enembe didalam memberikan proteksi kepada rakyat Papua sebagai pemilik hak ulayat wilayah pertambangan.

"Gubernur Papua Lukas Enembe sangat konsen dengan hal ini sehingga beberapa Usulan WPR  diusul menanggapi permintaan kami baik didalam sidang DPRP maupun melalui media masa," Ujarnya

Ditambahkan Gobay bahwa sejalan dengan Kepmen ESDM RI Nomor :90.K/MB.01/MEM.B/2022 Tanggal: 21 April 2022 Tentang Wilayah Pertambangan  Rakyat (WPR) Provinsi Papua terdapat  12 Blok WPR di Pegunungan Bintang dan 16 Blok WPR di Yahukimo.

"Hari ini saya menerima tamu dari  satu Koperasi Okmub Mandiri Abadi di Pegunungan bintang yang datang mengurus Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) pada blok Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang telah ditetapkan oleh Mentri ESDM RI.Saya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Pegunungan Bintang yang serius mendorong rakyatnya memperoleh Ijin Pertambangan Rakyat.Trima kasih juga kepada Teman teman Dinas ESDM Papua yang juga sudah mendorong WPR di Papua," Tutupnya. (Humas DPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel