-->

Umar Wijaya dan Ketua Bhayangkari Tanimbar Hadiri Kegiatan Tanam Sukun


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kegiatan Tanam Sukun yang merupakan upaya pemerintah untuk mengantisipasi Krisis Pangan Global, turut dilakukan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Program yang sasarannya demi meningkatkan kemandirian terhadap pangan lokal tersebut, turut dihadiri Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Tanimbar, Ny. Anjarie Umar, Selasa (14/02/2023).

Kegiatan tersebut dilangsungkan secara virtual yang bertempat di Lantai II Kantor Bupati setempat dan dibuka oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, serta diikuti oleh Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel Edward Indey, S.Sos., M.Si., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dan seluruh Instansi Vertikal se’KKT.

Penjabat Bupati dalam kesempatannya menjelaskan bahwa, Pohon Sukun dipilih dari sekian banyak jenis pohon yang ada di Maluku lantaran Pohon Sukun merupakan tanaman asli Indonesia yang bisa tumbuh dan menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Maluku dan juga Tanimbar.

“Bagi masyarakat yang hidup di pedesaan, sukun merupakan tanaman yang buahnya dikonsumsi sebagai pengganti Nasi, karena mengandung karbohidrat. Buah sukun juga bisa diolah menjadi menu makanan yang terlihat sederhana seperti kolak, sukun goreng, dan lainlainnya yang sering kita jumpai di setiap rumah kopi,” tandas Indey.

Dikatakan, sukun ternyata memiliki manfaat lain yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang. Ia menuturkan bahwa sejak zaman dulu, selain buah, akar, daun, dan getah, Sukun dipercaya memiliki manfaat pengobatan secara herbal. Secara tradisional, banyak orang yang memanfaatkan akar dan daun Sukun untuk mengobati beberapa jenis penyakit tertentu seperti Radang Sendi, Asma, Sakit Pinggang, dan sakit gigi. Sementara kulit batangnya juga bisa mengobati penyakit seperti Luka pada Lambung, Malaria, dan penyakit lainnya.

“Hal inilah yang kemudian mengispirasi pemerintah untuk mendorong masyarakat menanam Pohon Sukun sebanyak-banyaknya dari sekarang untuk menjawab persoalan seperti tersebut pada tema yang diusung pada kegiatan pencanangan menanam Sukun hari ini,” ujar Indey.

Untuk itu pada kesempatan tersebut, dirinya mengajak seluruh masyarakat di Kepulauan Tanimbar, khususnya jika ada lahan kosong yang belum ditanami tanaman umur panjang lainnya agar diberi ruang untuk menanam Pohon Sukun, minimal di setiap dusun harus ada tanaman sukun meskipun hanya satu atau dua pohon saja.

“Percayalah bahwa hari ini kita menanam, hasilnya akan dinikmati oleh anak cucu kita di kemudian hari,” pesannya.

Usai kegiatan secara virtual, kemudian dilanjutkan dengan aksi menanam Pohon Sukun secara bersama yang berlokasi di areal samping Kantor Bupati, dimana dalam aksi penanaman bersama tersebut, turut juga dilakukan Kapolres Kepulauan Tanimbar bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Tanimbar. (indonesiatimur.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel