-->

Taliban Afghanistan Kirim Bantuan Gempa Rp 2,4 Miliar ke Turki dan Suriah


KABUL, LELEMUKU. OM - Pemerintahan Afghanistan yang saat ini dikuasai Taliban akan mengirim US$165.000 atau sekitar Rp 2,4 miliar bantuan ke Turki dan Suriah. Kabul ingin membantu Turki yang dilanda gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8.

"Emirat Islam Afghanistan ... mengumumkan paket bantuan 10 juta afgani Afghanistan ($111.024) dan 5 juta afgani Afghanistan ($55.512) masing-masing ke Türkiye dan Suriah atas dasar kemanusiaan bersama dan persaudaraan Islam," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Afghanistan pada Selasa malam, 7 Februari 2023.

Korban tewas akibat gempa besar di Turki selatan dan Suriah telah melonjak menjadi lebih dari 11.000 jiwa hingga Rabu. Tim penyelamat bekerja melawan waktu dalam kondisi musim dingin yang keras untuk menggali korban selamat dari puing-puing bangunan yang runtuh.

Puluhan ribu lainnya terluka dan banyak orang kehilangan rumah dalam suhu yang sangat dingin. Di Afghanistan, ratusan orang juga tewas dalam beberapa pekan terakhir karena cuaca dingin dan krisis ekonomi.

Afghanistan berada dalam cengkeraman krisis ekonomi dan kemanusiaan yang parah dan merupakan lokasi salah satu program bantuan kemanusiaan terbesar PBB. Taliban mengambil alih pada 2021 ketika pasukan asing mundur, memicu penegakan sanksi pada sektor perbankannya, dan tidak ada modal yang secara resmi mengakui pemerintahannya.

Banyak kelompok bantuan telah menangguhkan sebagian operasinya karena pemerintahan Taliban memutuskan bahwa sebagian besar pekerja LSM perempuan tidak dapat bekerja. Badan-badan tersebut tidak dapat menjalankan banyak program di negara konservatif tersebut.

Para diplomat Barat mengatakan mereka tidak akan mempertimbangkan untuk mengakui secara formal pemerintahan tersebut kecuali jika Taliban mengubah kebijakan tentang hak-hak perempuan.

Terlepas dari pemotongan dana pembangunan yang pernah menjadi tulang punggung anggaran negara Afghanistan, Bank Dunia mengatakan dalam sebuah laporan bahwa pemerintahan Taliban telah meningkatkan ekspor. Beberapa di antaranya batu bara ke negara tetangga Pakistan - dan pengumpulan pendapatan tetap kuat, termasuk dari bea cukai dan royalti pertambangan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel