-->

Pemerintah Indonesia Salurkan Bantuan Rp 32 Miliar ke Suriah


ANKARA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Indonesia melalui koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan gempa kepada Suriah dengan total US$ 2.1 juta atau setara Rp 32 miliar. Sumbangan kemanusiaan ini diserahkan ke Damaskus pada Rabu, 22 Februari 2023.

Sokongan tersebut disampaikan dalam bentuk uang sebesar US$ 1 juta dan barang dengan muatan 75 ton senilai US$ 1.1 juta. Pesawat Garuda Indonesia mengangkut bantuan ini.

Secara simbolis bantuan diberikan oleh, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Letjen TNI Purn. Sudirman, Duta Besar RI untuk Suriah Wajid Fauzi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen Fajar Setyawan, dan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Kobarsyih.
 Harga-390rb-REMP-1

Deputi Menteri Urusan Administrasi Lokal dan Lingkungan Suriah Moutaz Douaji, serta jajaran lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Suriah, menyambut baik. Bantuan terdiri antara lain dari pakaian, baju dingin, tenda, tempat tidur darurat, makanan, dan generator listrik.

Suriah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Indonesia atas kepedulian Pemerintah dan masyarakat RI atas saluran bantuan tersebut. “Bantuan tersebut menunjukkan persaudaraan yang erat antara kedua negara, walaupun secara geografis letak kedua negara berjauhan,” tulis keterangan kementerian luar negeri RI.

Baca Juga:

Kondisi Tektonik Indonesia Mirip Turki, BMKG: Waspadai Gempa Sesar Geser

“Bantuan ini sangat penting dalam mengisi dan memperkokoh hubungan bilateral dan cerminan ekspresi  kuatnya hubungan solidaritas kedua negara yang telah terjalin sejak lama di awal kemerdekaan Indonesia,” kata Bagus.

Gempa berkekuatan 7,8 pada 6 Februari 2023, di selatan Turki dekat perbatasan Suriah, merusak atau menghancurkan ratusan ribu bangunan dan menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengkonfirmasi jumlah orang yang tewas akibat gempa Turki yang mengguncang dahsyat pada awal bulan ini telah meningkat menjadi 43.556.

Sementara 5000 orang lebih telah meninggal dunia di Suriah. Kondisi lapangan dampak gempa Turki dan Suriah memprihatinkan. Pemerintah Indonesia sebelumnya juga telah memberi bantuan tiga tahap kepada Turki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel