-->

Misi Scholz Cari Dukungan untuk Ukraina ke Amerika Selatan Gagal


BRASILIA, LELEMUKU.COM - Misi Kanselir Jerman Olaf Scholz mencari dukungan untuk Ukraina ke Amerika Selatan tampaknya hanya bertepuk sebelah tangan. Bahkan Presiden Brasil kembali menolak mengutuk Rusia, namun menilai kedua belah pihak sama-sama punya andil kesalahan.

Ini adalah ketiga kalinya dalam turnya Amerika Selatan, Scholz gagal menggalang dukungan kuat untuk Ukraina.

"Saya pikir Rusia membuat kesalahan klasik dengan menginvasi wilayah negara lain, jadi Rusia salah," kata Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, setelah bertemu dengan Scholz, Senin, 30 Januari 2023.

"Tapi saya masih berpikir bahwa ketika salah satu tidak mau, maka dua negara tidak akan berperang. Anda harus menginginkan perdamaian," katanya, seraya menambahkan bahwa dia hanya mendengar sangat sedikit dari kedua belah pihak tentang resolusi damai.

Lula mengatakan Brasil tidak akan memberikan amunisi ke Ukraina untuk senjata anti-pesawat Gepard buatan Jerman, seperti yang dilaporkan diminta oleh Jerman.

Pernyataan bersama oleh kedua pemerintah yang dikeluarkan kemudian, bagaimanapun, mengatakan mereka "dengan tegas menyesalkan pelanggaran Rusia terhadap integritas teritorial Ukraina dan aneksasi bagian wilayahnya sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional."

Para pemimpin Argentina dan Cile juga memupus harapan Jerman bahwa mereka dapat memberikan lebih banyak dukungan untuk Ukraina selama kunjungan Scholz di sana, menggarisbawahi perbedaan yang sedang berlangsung antara Barat dan negara-negara berpenghasilan rendah.

Dalam turnya, Scholz berusaha untuk menekankan persatuan, mencatat bahwa ketiga negara yang dia kunjungi - Argentina, Cile, dan Brasil - mengutuk invasi Rusia di Majelis Umum PBB tahun lalu.

Berbeda dengan Lula, presiden Argentina dan Cile sama-sama mengutuk invasi Rusia.

Lula mengatakan Brasil akan bekerja dengan negara lain untuk membantu mencapai perdamaian di Ukraina, karena negaranya tidak memihak.

China memiliki peran penting dalam pembicaraan damai, katanya, yang akan dia diskusikan pada kunjungannya ke Beijing pada Maret mendatang.

Tidak ada senjata untuk Ukraina

Sebelumnya, Presiden Argentina Alberto Fernandez mengatakan negaranya tidak akan mengirim bantuan senjata untuk Ukraina. "Argentina dan Amerika Latin tidak berencana mengirim senjata ke Ukraina atau zona konflik lainnya," kata Fernandez dalam jumpa pers bersama di Buenos Aires dengan Scholz pada Sabtu.

Presiden Cile Gabriel Boric menegaskan kecamannya atas invasi tersebut meskipun faktanya "beberapa media atau pembuat opini dapat percaya bahwa itu adalah keputusan yang buruk untuk terlibat dalam politik negara lain".

Menghindari pertanyaan tentang apakah dia setuju dengan Fernandez tentang senjata, dia mengatakan Cile telah berjanji untuk membantu membangun kembali Ukraina setelah perang, misalnya membersihkan ranjau.

Pejabat pemerintah Jerman mengatakan dapat dimengerti bahwa negara-negara Amerika Latin memiliki pandangan yang berbeda tentang penyebab perang dan cara menanganinya, tetapi tetap penting untuk terus menyampaikan perspektif Barat - seperti yang juga dilakukan Scholz di Afrika dan Asia.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel