-->

Josep Borrell Pertimbangkan Usulan Membeli Amunisi untuk Ukraina


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mendukung proposal Estonia agar blok tersebut membeli amunisi atas nama anggotanya untuk membantu Ukraina.

“Saya sepenuhnya setuju dengan proposal perdana menteri Estonia, dan kami sedang mengusahakannya, dan itu akan berhasil,” kata Borrell dalam Konferensi Keamanan Munich, Ahad 19 Februari 2023.

Reuters melaporkan para menteri luar negeri UE diperkirakan akan membahas gagasan pengadaan bersama peluru artileri 155mm dalam pertemuan di Brussel besok. Pejabat dan diplomat dari UE mengatakan pendekatan seperti itu akan lebih efisien daripada anggota UE yang melakukan pesanan individu.
 Harga-390rb-REMP-1

Pesanan yang lebih besar juga akan membantu industri pertahanan berinvestasi dalam kapasitas ekstra, kata mereka.

Perang di Ukraina telah mendominasi konferensi Munich, pertemuan tahunan para pejabat keamanan dan pertahanan dari seluruh dunia.

Sekitar 40 kepala negara dan pemerintahan, politisi, dan pakar keamanan dari hampir 100 negara menghadiri pertemuan tiga hari tersebut. Pertemuan ini digelar di tengah kekhawatiran bahwa pertempuran di Ukraina dapat memicu perang dingin baru.

Ukraina bergantung pada senjata Barat untuk menggagalkan ambisi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk merebut sebagian besar wilayah negara itu. Bantuan militer telah menjadi ujian tekad pemerintah asing karena harganya meningkat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak sekutu Barat untuk mempercepat bantuan militer mereka untuk Ukraina. Ia memperingatkan peserta konferensi pada Jumat bahwa penundaan akan terjadi di tangan Rusia saat invasi mendekati ulang tahun pertamanya.

 “Tidak ada alternatif selain kecepatan karena kecepatanlah yang menjadi sandaran kehidupan,” tutur Zelensky dalam pertemuan itu. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel