-->

Jokowi dan Taur Matan Ruak Sepakati Bilateral Investment Treaty


BOGOR, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan  Perdana Menteri  Timor Leste Taur Matan Ruak menyepakati sejumlah komitmen dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada hari ini. Salah satunya terkait pembentukan Bilateral Investment Treaty antara Indonesia dan Timor Leste.

"Kami sepakat mendorong dimulainya perundingan," kata Jokowi dalam konferensi pers, Senin, 13 Februari 2023.

Bilateral Investment Treaty ini dibentuk untuk mendukung kerja sama ekonomi, khususnya pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan. Perbatasan yang dimaksud yaitu antara  Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Ouecusse, Timor Leste.

Dalam pertemuan, Jokowi pun senang karena konektivitas darat antara kedua negara semakin meningkat. Sebab, rute bus Kupang - Dili sudah diluncurkan perdana. Operator bus ini yaitu DAMRI, yang sudah meluncurkan trayek ini sejak November 2022.

"Secara khusus, saya juga mendorong biaya logistik transportasi laut untuk kegiatan bisnis dapat diturunkan," kata dia.

Sebelumnya pada 25 Juni 2022, Indonesia dan Timor Leste sudah sepakat memperkuat kerja sama di wilayah perbatasan kedua negara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di perbatasan.

"Sudah 20 tahun hubungan bilateral Indonesia-Timor Leste terjalin, dan banyak hal yang sudah dilakukan bersama. Dan dalam pertemuan kali ini kita sepakat untuk memperkuat kerja sama di wilayah perbatasan," kata Duta Besar Indonesia untuk Dili, Okto Dorinus Manik di Oecusse, Timor Leste.

Untuk diketahui, Oecusse Ambeno adalah distrik wilayah enclave Timor Leste yang berada di Timor NTT dan dikelilingi oleh beberapa kabupaten, diantaranya, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), kabupaten Belu dan juga Malaka.

Sebulan kemudian, Jokowi bertemu Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di tempat yang sama, pada 19 Juli 2022. Saat itu, Jokowi juga sudah mendorong kedua negara dapat segera menyelesaikan bilateral investment treaty.

Selanjutnya, giliran Ketua DPR Puan Maharani yang bertemu Ketua Parlemen Timor Leste, Aniceto Guterres Lopes di Jakarta. Seperti Jokowi, Puan juga juga meminta Bilateral Investment Treaty segera dibentuk.

"Untuk menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif dan mendorong lebih banyak lagi investasi Indonesia di Timor Leste," kata Puan, 23 Agustus 2022. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel