-->

Gempa Bumi Tektonik M3.8 di Jayapura Dirasakan pada 15 Februari 2023

Gempa Bumi Tektonik M3.8 di Jayapura Dirasakan pada 15 Februari 2023

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V,  Yustus Rumakiek, S.Si mengatakan pada Rabu, 15 Februari 2023 pukul 22:51:13 WIT wilayah Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik.


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki kekuatan M3.8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.50° LS dan 140.72° BT, pada jarak 4 km TimurLaut KOTA-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di darat dengan kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura," kata dia dalam rilis media.

Rumakiek menjelaskan gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Rabu, 15 Februari 2023 23:00 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1243 kali dengan 191 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.

Ia pun mengajak masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,"lanjutnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel