-->

Gempa Bumi Jayapura M4.1 Dirasakan pada Jumat, 17 Februari 2023

Gempa Bumi Jayapura M4.1 Dirasakan pada Jumat, 17 Februari 2023

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si mengatakan pada Jumat, 17 Februari 2023 pukul 12:45:27 WIT wilayah Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik.


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki kekuatan M4.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.50° LS dan 140.70° BT, pada jarak 4 km BaratLaut KOTA-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di darat dengan kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura," ungkap dia dalam rilis media.

Rumakiek menjelaskan gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III-IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Jumat, 17 Februari 2023  13.00 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1253 kali dengan 192 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pesan dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel