-->

Zainudin Amali Calon Diri Sebagai Waketum PSSI 2023-2027


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali akhirnya buka suara soal dia maju sebagai calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027.

Sebelumnya, dari pengumuman yang disampaikan oleh Komite Pemilihan (KP) Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Senin malam, 16 Januari 2023, nama Menpora masuk dalam daftar bakal calon wakil ketua PSSI.

"(Menpora mendaftar) melalui stafnya pada pukul 12.00 WIB. Beliau menyampaikan kesediaanya mencalonkan diri sebagai calon wakil ketua umum PSSI," kata Ketua KP, Amir Burhanuddin saat mengumukan nama-nama calon ketua, wakil ketua umum dan Exco PSSI, Senin, 16 Januari 2023.

Zainudin Amali mengaku dirinya sudah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju sebagai bakal calon wakil ketua umum PSSI. Politikus Golkar itu juga telah memikirkannya dengan matang.

"FIFA bersama AFC juga mendorong transformasi dan kita sudah lakukan itu. Nah nyambung dengan keinginan beberapa Asprov PSSI, klub. Kemudian saya berpikir, ini harus diurus dengan benar dan sepertinya saya harus masuk mengurus itu," kata Amali saat konferensi pers di kantor Kemenpora, Selasa, 17 Januari 2023.

"Tapi saya kan sebagai menteri, saya minta izin ke Presiden Jokowi dan izinkan. Tapi itu kan prosesnya pun panjang sampai 16 Februari 2023 (KLB PSSI). Begitu saya mengambil langkah ini, saya sudah mempertimbangkan dan kalau ikutkan dengan keyakinan, saya sudah (salat) istkharah," ujar Menpora menambahkan.

KP PSSI mengumumkan ada 20 nama bakal calon wakil ketua umum PSSI. Selain nama Zainudin Amali, terdapat pula nama Azrul Ananda, Doni Setiabudi, Hasani Abdul Gani, Hasnuryadi Sulaeman, Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi.

Untuk daftar bakal calon ketua umum PSSI ada lima orang. Mereka adalah, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, Fary Djemy Francis dan La Nyalla Mattalitti. Sementara itu, ada 83 nama terdaftar sebagai anggota komite eksekutif PSSI.

Pemilihannya sendiri akan dilakukan dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI yang akan digelar pada 16 Februari 2023. Dalam kongres itu, 87 pemilik suara akan menentukan pilihannya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel