-->

Yudo Margono Mutasi 223 Perwira, Letjen Bambang Ismawan Sebagai Kasum TNI


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menggeser posisi Kepala Staf Umum  atau Kasum TNI Letnan Jenderal Eko Margiyono. Eko dirotasi menjadi Komandan Pembinaan Doktrik, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Dia menggantikan Letnan Jenderal Bambang Ismawan yang bertukar jabatan menjadi Kasum TNI.

Mutasi terhadap Eko Margiyono ini merupakan bagian dari 223 perwira TNI yang dirotasi oleh Panglima TNI yang baru menjabat menggantikan Jenderal Andika Perkasa itu.

Mutasi itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 16 Januari 2023 seperti dikutip dari Antara pada Kamis, 19 Januari 2023.

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono Respons Jokowi Soal Politik Praktis: Sejak Pemilu Pertama, Tentara Netral

Dalam surat keputusan yang sama, Panglima TNI juga menunjuk Laksamana Muda TNI Irvansyah menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Jabatan itu sebelumnya dipegang Laksamana Muhammad Ali yang sejak 28 Desember 2022 dilantik Presiden RI Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Sementara jabatan Irvansyah sebelumnya, yakni Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III kini diduduki Laksamana Muda TNI Agus Hariadi yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Sedangkan Laksamana Muda Yayan Sofiyan dirotasi dari jabatan sebelumnya Kepala Staf Koarmada RI menjadi Pangkolinlamil.
Profil Bambang Ismawan

Letjen Bambang Ismawan merupakan lulusan Akademi Militer 1988. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Tempo, Bambang pernah menjabat sebagai Komandan Korem 012/Teuku Umar masa jabatan 2016-2017.

Saat berpangkat Brigadir Jenderal, Bambang menjabat Komandan Korem 121/Alambhana Wanawai (2017-2018). Dia kemudian menjadi Kepala Staf Kodam V/Brawijaya pada 2018-2020.

Bambang juga pernah menjabat Panglima kodam XVI Pattimura pada 2021 saat berpangkat Mayor Jenderal.

Selanjutnya pria yang lahir pada 1 Agustus 1966 itu menjabat Komandan Kodiklat TNI pada 2021-2023 dan kini dia menggantikan Letjen Eko Margiyono sebagai Kepala Staf Umum TNI.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel