-->

Umat Katolik Beri Penghormatan pada Paus Benediktus XVI di Vatikan


VATIKAN, LELEMUKU.COM - Ribuan umat Katolik mulai memberikan penghormatan kepada mantan Paus Benediktus XVI di Basilika Santo Petrus di Vatikan pada Senin 2 Januari 2023, pada awal tiga hari disemayamkan sebelum pemakamannya.

Jenazahnya, mengenakan jubah liturgi merah dan emas, ditempatkan di mimbar sederhana, dengan dua penjaga Swiss berdiri di kedua sisi saat umat beriman lewat.

Antrean mulai terbentuk sebelum fajar di alun-alun di depan basilika, tempat jenazah Benediktus dipindahkan lebih awal dari biara di halaman Vatikan di mana ia meninggal dunia pada Sabtu. Ia wafat dalam usia 95 tahun.

“Saya tiba pada pukul 6:00 pagi, rasanya normal untuk datang dan memberi penghormatan kepadanya setelah semua yang dia lakukan untuk gereja,” kata seorang biarawati Italia, suster Anna-Maria, yang mengantre di pagi hari.

Anggota masyarakat dapat memberikan penghormatan di Basilika Santo Petrus mulai pukul 09:00 pada Senin hingga Rabu.

Benediktus memimpin Gereja Katolik selama delapan tahun sebelum menjadi paus pertama dalam enam abad yang mundur pada 2013, dengan alasan kesehatan.

Penggantinya, Paus Fransiskus, akan memimpin pemakaman pada Kamis 5 Januari 2023 di Lapangan Santo Petrus, sebelum jenazahnya disemayamkan di makam di bawah Basilika.

Benediktus, seorang teolog Jerman, meninggal di biara Mater Ecclesiae, yang telah menjadi rumahnya selama satu dekade terakhir.

Vatikan pada Minggu merilis foto-foto jenazahnya, mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan mengenakan mitra bermata emas di kepalanya, di atas catafalque di kapel biara.

Pengunduran diri Benediktus yang mengejutkan menciptakan situasi luar biasa karena memiliki dua "pria berbaju putih" -- dia dan Fransiskus -- di Vatikan.

Pemakamannya juga akan membuka jalan baru. Kematian kepausan biasanya memicu pemanggilan para kardinal untuk memilih penggantinya. Namun kali ini, Fransiskus tetap menjabat dan akan memimpin Takhta Suci.

Pemakaman Benediktus akan "khusyuk tetapi sederhana", kata Vatikan, setelah itu dia akan dimakamkan di makam kepausan di bawah Basilika Santo Petrus.

Vatikan belum merilis rincian daftar tamu, selain mengatakan bahwa itu akan mencakup delegasi dari Italia dan Jerman, negara asal Benediktus.

Pemakaman kepausan terakhir, Yohanes Paulus II pada 2005, menarik kehadiran sejuta umat dan kepala negara dari seluruh dunia.

Namun, pemakaman Benediktus diprediksi tidak akan sebesar itu. Sesuai dengan keinginan Benediktus, pemakamannya pada Kamis akan sederhana dan khusyuk. Ini akan menjadi pertama kalinya dalam beberapa abad seorang paus duduk akan memimpin pemakaman pendahulunya.  

Seorang teolog yang brilian, dia mengasingkan banyak umat Katolik dengan pembelaannya yang kukuh terhadap nilai-nilai tradisional. Sebagai paus, ia juga berjuang untuk memaksakan otoritasnya saat gereja berjuang melawan serangkaian krisis, termasuk pelecehan seksual oleh pastur.

Penggantinya memiliki sosok yang sangat berbeda, seorang Jesuit asal Argentina yang betah di antara umatnya dan telah berusaha untuk membentuk gereja yang lebih berbelas kasih.

Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada Benediktus dalam tiga acara Tahun Baru di Vatikan selama akhir pekan, "berterima kasih kepada Tuhan atas karunia hamba Injil dan Gereja yang setia ini".

Fransiskus, 86 tahun, telah membuka kemungkinan akan mengikuti jejak Benediktus dan mundur jika dia tidak dapat menjalankan tugasnya.

Pada Juli, ia menderita masalah lutut yang memaksanya untuk mengandalkan kursi roda, dia mengaku perlu memperlambat atau berpikir untuk menyingkir.

Bulan lalu, Francis mengungkapkan bahwa dia telah menandatangani surat pengunduran diri ketika menjabat jika kesehatan yang buruk menghalangi dia untuk menjalankan tugasnya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel