-->

SD Papua Kasih Jadi Sekolah Penggerak Terapkan Kurikulum Merdeka

SD Papua Kasih Jadi Sekolah Penggerak Terapkan Kurikulum Merdeka

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Sekolah Dasar (SD) Papua Kasih di dalam naungan Yayasan Papua Kasih sebagai salah satu sekolah penggerak yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik mencakup kompetensi dan karakter, diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang unggul menerapkan kurikulum merdeka.

“Kami adalah sekolah pengerak angkatan pertama, banyak hal baik yang kami dapatkan seperti pembinaan intens langsung dari kementerian dan pelatihan secara rutin, sehingga kami aplikasikan ke anak-anak murid,” ungkap Kepala Sekolah (Kepsek) Febrianika Damanik, S.Pd kepada Lelemuku.com pada Rabu, 25 Januari 2023.

Ia menjelaskan kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat siswa serta merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam dengan tujuan menciptakan pendidikan yang menyenangkan, mengejar ketertinggalan pembelajaran, dan mengembangkan potensi peserta didik.

“Selamai ini pembelajaran berpusat kepada guru dan buku, intinya sekarang harus kepada anak, dia yang kita layani. Di kurikulum merdeka ini pembelajaran diversifikasi karena setiap anak itu unik dan punya kemampuan berbeda-beda,” kata Febrianika. 

Ia menambahkan jika pengaplikasian kurikulum merdeka bagi 262 siswa di sekolah tersebut sangat membantu loss learning atau hilangnya pengetahuan dan kemampuan siswa karena pandemic Covid-19 dimana para siswa harus belajar dari rumah.

“Kurikulum ini membantu materi yang hilang, jadi pelan-pelan siswa terlibat banyak. Istilahnya kita sudah kasih ilmu, sekarang mereka mencari solusi sendiri dengan berpikir kristis,” tutur Febrianika.

Profil Sekolah Papua Kasih (SPK)  

SPK hadir dengan misi ‘Mendidik Secara Utuh Berdasarkan Nilai Kristiani’ merupakan lembaga  yang bergerak dalam bidang pendidikan yang terpanggil untuk membangun bangsa serta Papua melalui pembentukan generasi muda dengan berpedoman pada pendidkan Kristen.


Berdiri pada tahun 2010, Sekolah Papua kasih memulai dengan 5 guru dan 20 siswa telah berkembang dengan pesat dengan semangat mempersiapkan generasi muda bangsa ini dengan pendidikan kristen yang berkualitas.

Kemajuan suatu bangsa sangat berkaitan dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di negara tersebut. Kita semua bertanggung jawab terhadap kualitas SDM bangsa kita dengan mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas.

Sementara itu kualitas SDM bukan saja dinilai dalam hal kehebatan atau kemampuan akademis saja, melainkan tak kalah penting dari hal itu adalah di dalam hal karakter dan integritas.

SPK menghadirkan jenjang sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA dengan mempedomani filosofi pendidikan Kristen ‘Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan’ yang terambil dalam ‘Kitab Amsal pasal 1 ayat 7’ dan meyakini bahwa pendidikan yang berpusat pada Tuhan, serta alkitab sebagai Firman Tuhan yang hidup. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel