-->

Ribuan Warga Filipina Berpawai untuk Hormati Patung Yesus Kristus


MANILA, LELEMUKU.COM - Puluhan ribu umat Katolik berjalan melalui jalan-jalan di Manila pada Minggu (8/1) pagi untuk menghormati patung bersejarah Yesus Kristus, yang diyakini memiliki kekuatan ajaib.

"Jalan iman", yang diperkirakan oleh pejabat gereja diikuti lebih dari 80.000 orang, dimulai setelah Misa tengah malam untuk menghormati patung yang disebut Black Nazarene.

Banyak orang Filipina percaya bahwa menyentuh atau mendekati patung itu dapat menyembuhkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan membawa keberuntungan lainnya.

Evangeline Rugas, 59 tahun, termasuk di antara jemaah yang menghadiri Misa di udara terbuka di mana replika ikon tersebut dipajang.

Dia "berdoa memohon keajaiban" untuk keponakannya yang berusia 5 tahun yang menderita kejang dan tidak bisa berjalan.

"Tidak ada yang mustahil bagi Black Nazarene," kata Rugas kepada AFP, seraya duduk di atas selembar plastik yang diletakkan di tanah.

Patung orisinil yang terbuat dari kayu itu dibawa ke Filipina pada awal tahun 1600-an ketika negara itu menjadi koloni Spanyol.

Banyak orang Filipina percaya bahwa patung itu berwarna gelap setelah luput dari kebakaran di atas kapal dalam perjalanan dari Meksiko.

Parade tahun ini skalanya lebih kecil dibandingkan sebelum pandemi. Dulu, ratusan ribu orang mengerumuni patung yang diangkut kendaraan hias melewati jalan-jalan.

Salah satu perhelatan terbesar umat Katolik di Filipina itu, pernah dibatalkan selama dua tahun karena pandemi.

Acara tahun ini diadakan sehari sebelum pesta Black Nazarene, yang jatuh pada tanggal 9 Januari, dan tanpa patung yang asli guna mengurangi jumlah kerumunan dan risiko infeksi. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel