-->

Pakistan Alami Pemadaman Listrik Besar-Besaran


ISLAMABAD, LELEMUKU.COM - Lampu-lampu lalu lintas dan layar komputer tampak gelap di Pakistan pada Senin (23/1) setelah pemadaman listrik di seluruh penjuru negara itu karena gangguan besar pada jaringan listrik nasionalnya. Puluhan juta orang di Pakistan tidak mendapat pasokan listrik dan ini merupakan “gangguan besar-besaran” kedua dalam tiga bulan terakhir.

Kementerian Energi mengemukakan dalam sebuah pernyataan bahwa gangguan itu dimulai setelah pukul 07.00 waktu setempat dan pekerjaan sedang berlangsung untuk menghidupkan kembali sistem. Listrik padam di semua kota besar, termasuk di Karachi, Islamabad, Lahore dan Peshawar.

Listrik padam di pabrik, rumah sakit dan sekolah di seluruh penjuru negara itu selama berjam-jam setelah fluktuasi tegangan di jaringan terjadi antara kota-kota Jamshoro dan Dadu di provinsi bagian selatan, Sindh, kata Menteri Energi Khurrum Dastagir.

“Ada fluktuasi tegangan dan sistem dimatikan satu demi satu. Ini bukan krisis besar,” kata Dastagir kepada saluran televisi berita Geo TV.

Ketika jaringan itu mengalami gangguan pada Oktober lalu, perlu waktu beberapa jam sebelum listrik dipulihkan.

Pakistan memiliki kapasitas listrik terpasang yang cukup untuk memenuhi permintaan, khususnya pada musim dingin, sewaktu negara itu hampir selalu mengalami surplus. Tetapi negara ini kekurangan sumber daya untuk menjalankan pembangkit listrik tenaga minyak dan gas dan sektor ini terlilit utang yang sangat besar.

Investasi yang tidak memadai dalam infrastruktur dan saluran listrik telah mengakibatkan jaringan listrik nasional kerap mengalami gangguan. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel