-->

Nguyen Xuan Phuc Mundur Diri Akibat Skandal Korupsi Rp 2,6 Triliun


HANOI, LELEMUKU.COM - Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengundurkan diri pada Selasa, 17 Januari 2023, seperti diumumkan Partai Komunis. Turunnya Phuc dari tampuk kursi kepresidenan Vietnam disebut terjadi setelah adanya pelanggaran dan kesalahan oleh sejumlah pejabat saat dia menjadi perdana menteri.

Baca: Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc Mengundurkan Diri

Pemberantasan korupsi telah menjadi perhatian Pemerintahan Vietnam selama bertahun-tahun. Perhatian pada tahun 2022 difokuskan pada korupsi selama pandemi.

Reuters menyebut, Partai Komunis Vietnam telah meningkatkan hingga dua kali lipat gerakan anti-korupsi "tungku api" yang dipimpin oleh ketua yang telah lama menjabat, Nguyen Phu Trong. Sejauh ini, pemberantasan korupsi telah menyapu para menteri, pegawai negeri, dan pengusaha -- dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Selama pandemi, Vietnam menutup diri dari dunia selama hampir dua tahun sebelum dibuka kembali pada pertengahan Maret 2022. Saat ditutup, Vietnam menyelenggarakan hampir 800 penerbangan charter untuk membawa pulang warga dari 60 negara dan wilayah.

Awalnya Vietnam mendapat pujian internasional atas upayanya untuk menahan pandemi. Akan tetapi wabah besar melanda pusat bisnis Kota Ho Chi Minh pada pertengahan 2021 dan menyebar ke seluruh negeri. Penguncian yang ketat membuat sebagian besar warga di Vietnam tidak dapat meninggalkan rumah selama berbulan-bulan. Infeksi dikendalikan melalui vaksinasi yang meluas, aturan diperlonggar.

Meskipun Vietnam memulangkan warganya, para pelancong menghadapi biaya penerbangan dan karantina yang sangat tinggi begitu mereka tiba. Tahun lalu, Kementerian Keamanan Publik mengatakan para pejabat dapat mengambil puluhan ribu dolar dari setiap penerbangan repatriasi.

Sementara itu, warganet di media sosial mencurigai tentang alat uji Covid-19 yang disponsori pemerintah sejak awal 2020 setelah diketahui bahwa alat tersebut, seperti yang diklaim negara, telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Di Vietnam skandal korupsi itu dikenal Viet A — dinamai menurut perusahaan semi-swasta yang memasok tes. Pejabat disuap untuk memasok rumah sakit dan komunitas lokal dengan alat tes Covid-19 yang sangat mahal. Penipuan tersebut diperkirakan telah menjaring sekitar US$ 172 juta atau Rp 2,6 triliun untuk Viet A. Sebanyak US$ 34 juta di antaranya diduga langsung digunakan untuk menyuap pejabat lebih lanjut.

Gerakan anti-korupsi telah menahan lebih dari 130 pejabat pemerintah dan pengusaha. Pham Binh Minh dan Vu Duc Dam dicopot dari jabatan mereka sebagai wakil perdana menteri awal bulan ini karena dugaan pelanggaran.

Phan Quoc Viet, direktur jenderal Viet A, serta menteri kesehatan Nguyen Thanh Long dan walikota Hanoi Chu Ngoc Anh, telah ditangkap sehubungan dengan penyuapan.  Sedangkan. skandal penerbangan repatriasi telah melihat penangkapan wakil menteri luar negeri To Anh Dung dan beberapa diplomat senior.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel