-->

Kemenkumham Papua Gelar Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 di Perbatasan RI-PNG

Kemenkumham Papua Gelar Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 di Perbatasan RI-PNG

SKOUW, LELEMUKU.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua menggelar upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 di Perbatasan Negara Republik Indonesia (RI) dan Papua New Guinea (PNG) pada Kamis, 26 Januari 2023.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Anthonius Ayorbaba mewakili Menkumham Yasonna Laoly mengatakan Direktoral Jenderal Imigrasi merayakan hari jadinya ke-73 tahun telah menunjukkan bahwa imigrasi berhasil melalui berbagai zaman dengan tantanganya masing-masing dan masih tetap menjaga kedaulatan negara.


Kemenkumham Papua Gelar Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 di Perbatasan RI-PNG

Agenda pembangunan nasional yang menekankan pada pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi nasional menjadi salah satu prioritas bagi imigrasi untuk segera diwujudkan melalui berbagai inovasi dan kebijakan.

"Imigrasi harus selalu mengembangkan berbagai inovasi dan penerapan berbagai kebijakan yang kiranya dapat mengakselerasi percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat," kata dia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, Kabupaten Keerom. 

Ayorbaba berharapkan strategi diversifikasi jenis visa yang mengikuti perkembangan zaman bisa diakomodir dengan matang dan membandingkan penerapan di negara lain. Imigrasi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor asing melalui program golden visa dan kemudahan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi serta terintegrasi secara luas.


Kemenkumham Papua Gelar Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 di Perbatasan RI-PNG

Menurutnya fungsi imigrasi di bidang penegakan hukum akan beriringan dengan fungsi pelayanan dan tidak akan saling bertentangan. Selain itu memberikan kepastian hukum kepada masyarakat merupakan bentuk tertinggi dalam pelayanan, sehingga masyarakat merasa nyaman dan tidak didiskriminasi serta keamanan negara menjadi terjamin dan investasi akan berdatangan ke Indonesia.

“Jadikanlah pekerjaan yang dijalani sebagai ibadah yang dipertanggungjawabkan tidak hanya di depan pimpinan ataupun keluarga melainkan juga Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga bhakti yang menjadi ibadah akan tetap selalu terwujud dengan sejalan dengan sasanti di Bhumi Pura Wira Wibawa yang selalu diagungkan oleh insan imigrasi,” pesan Ayorbaba.  

Setelah upacara, rangkaian acara berlanjut dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon ulang tahun, diikuti dengan penyerahan PLB dan paspor gratis serta ramah tamah bersama. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel