-->

Juventus dapat Sanksi Pengurangan 15 Poin dalam Kasus Transfer Pemain


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Juventus mendapatkan sanksi pengurangan 15 poin pada Liga Italia Serie A 2022-2023 oleh pengadilan sepak bola Italia dalam pelanggaran transaksi transfer klub. Sanksi itu membuat Si Nyonya Tua terdampar di papan tengah.

Putusan tersebut memberikan pukulan bagi reputasi klub. Sanksi itu lebih keras daripada tuntutan pengurangan sembilan poin yang diminta oleh jaksa sepak bola sebelumnya pada hari Jumat, 20 Januari 2023. Selama sidang, jaksa melihat adanya kecurangan dalam cara Juventus dan sejumlah tim lain menangani kesepakatan pertukaran pemain.

Dengan 20 pertandingan tersisa untuk dimainkan musim ini, Juventus berada di urutan ketiga klasemen Serie A dengan 37 poin. Mereka tertinggal 10 poin dari pemimpin klasemen sementara, Napoli. Pengurangan tersebut membuat Juventus turun ke posisi ke-10, di luar tempat kualifikasi untuk kompetisi Eropa.

Pengadilan juga memberlakukan larangan memegang jabatan di sepak bola Italia pada 11 direktur Juventus. Andrea Agnelli, salah satu tokoh penting Juventus, mendapatkan sanksi larangan berkiprah di sepak bola selama 24 bulan dan Fabio Paratici, yang sekarang direktur pelaksana sepak bola di klub Liga Inggris Tottenham Hotspur, mendapatkan larangan selama 30 bulan.
 
Juventus mengatakan akan mengajukan banding ke Sport Guarantee Board setelah keputusan itu diterbitkan. "Kami menganggap ini sebagai ketidakadilan bagi jutaan penggemar, yang kami yakini akan segera diperbaiki di pengadilan berikutnya," kata pengacara klub dalam sebuah pernyataan.

Juventus membantah melakukan kesalahan dan mengatakan akuntansi mereka sesuai dengan standar industri. Klub ini dikendalikan oleh perusahaan induk Exor (EXOR.AS) keluarga Agnelli dan sahamnya tercatat di bursa saham Milan.

KASUS DIBUKA KEMBALI

Otoritas sepak bola telah membuka kembali kasus tersebut. Mereka meminta pembatalan sebagian dari keputusan awal agar mereka dapat menilai dokumen baru yang dikumpulkan oleh jaksa penuntut umum di kota Turin yang sedang menyelidiki keuangan Juventus.

Pengadilan mengkonfirmasi pembebasan delapan klub sepak bola lainnya, termasuk Sampdoria dan Empoli dari Serie A, beserta direktur mereka, yang juga ingin dibuka kembali oleh jaksa penuntut. Jaksa Penuntut Umum di Turin telah meminta Andrea Agnelli, 11 orang lainnya dan klub itu sendiri untuk diadili atas tuduhan pembukuan palsu.

Pemegang saham Juventus awal pekan ini menunjuk lima anggota baru yang lebih ramping. Gianluca Ferrero, seorang akuntan yang dekat dengan John Elkann, tokoh bisnis senior dalam keluarga yang telah memiliki klub selama satu abad menggantikan Andrea Agnelli yang sudah menjabat selama 10 tahun.  (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel