-->

Jokowi Segera Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura

Jokowi Segera Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo direncanakan dalam waktu dekat akan meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang beralamat di Jalan Poros Abepura, Kota jayapura, Provinsi Papua.  

“Selamat datang di Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang akan diresmikan segera oleh Presiden Joko Widodo, di Jayapura, Papua,” ungkap Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar saat memperkenalkan gedung tersebut melalui media sosial pada Senin, 16 Januari 2023.

Ia mengatakan luas gedung itu hampir 2 hektar dan dibangun diatas lahan lebih dari 3.5 Hektar di Kotaraja, Abepura serta bernilai lebih dari Rp102 Miliar.

“Hadiah dari Presiden Joko Widodo untuk pengembangan talenta dan kreatifitas anak-anak muda Papua,” kata Mambrasar.


Jokowi Segera Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura

Dalam menghiasi kedatangan Jokowi akan disambut dengan penampilan para model Papua sebanyak 30 orang yang akan tampil percaya diri dengan mengenakan busana karya designer Papua.

Sebelum pelaksanaan acara peresmian akan digelar berbagai kegiatan, seperti festival budaya, karnaval, festival music, hiphop dan berbagai event lainnya.

Sementara itu, PYCH hadir dengan akan mengakomodir sejumlah pelatihan, diantaranya kreatif digital, start up, bisnis, ekonomi kreatif, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga seni, sosial dan budaya.

“Ini terbuka untuk siapa pun anak Papua yang ada di kota Jayapura atau kota-kota lain, ada asramanya juga dan gedung teater, terima kasih Pak Jokowi,” ucapnya.

Pembukaan gedung PYCH pun membutuhkan banyak relawan untuk bergabung dengan syarat langsung kunjungi Gedung PYCH di Jalan Poros Abe Youtefa pada tanggal 16 hingga 19 Januari 2023, jam 13.00 WIT , daftarkan diri ke Kantor Sekretariat PYCH di Gedung Asrama B Lantai 2.


Jokowi Segera Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura

Kemudian ikut pelatihan event manajemen wajib yang akan diberikan Deni Malik, Tokoh Seni Nasional di baik gelaran Pembukaan Asian Games dan Ikuti serangkaian pelatihan dan aktifitas bersama di Gedung PYCH.

“Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Lusi Kambu di nomor 081268451327,” ajak Mambrasar.

Sebelumnya melalui rilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan PYCH sebagai salah satu upaya Pemerintah Indonesia dalam mendukung peran generasi muda untuk mengelola potensi ekonomi Papua.

Pembangunan PYCH ini merupakan perwujudan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Tokoh Muda Papua Inspiratif pada September 2019 lalu di Istana Negara.

Pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Tanah Papua dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.



Jokowi Segera Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura

"Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang sains, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub (PYCH)," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat melakukan groundbreaking PYCH saat itu.
 

Selanjutnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Direktorat Jenderal  Cipta Karya mendukung pembangunan infrastruktur Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura.

Dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2. Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan konsultan PT Yodya Karya (Persero) KSO PT. Mandiri Cakti Consultindo.

Nilai kontrak bagi pembangunan PYCH sebesar Rp95,05 miliar bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan sejak September 2021 hingga Desember 2022.

Pekerjaan dilakukan dengan skema Multi Years Contract (MYC) dan dibangun setinggi 2 lantai dengan total luas 5.392 m2 dan lahan hijau 3.000 m2, pembangunan PYCH meliputi gedung utama, dormitory atau asrama, sport venue, hall untuk pameran, atau presentasi, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, kuliner space dan kesehatan dan co-working space serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, dan 154 motor. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel